home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi Saat di Pesawat dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 28 Januari 2017 15:00 by fzhchyn | 4438 hits
Berbagai Masalah Kesehatan yang Mungkin Terjadi Saat di Pesawat dan Cara Mengatasinya
Image source: collegegloss.com

DREAMERS.ID - Melakukan perjalanan ke tempat favorit menggunakan pesawat memang terdengar menyenangkan, namun tidak bagi tubuh. Pasalnya, menghabiskan waktu berjam-jam di atas ketinggian 30.000 kaki atau melewati zona waktu yang berbeda beberapa kali menimbulkan efek yang kurang baik bagi pikiran, tubuh, dan ritme sirkadian.

Melansir Daily Mail, berikut adalah kondisi yang dialami tubuh saat melakukan perjalanan udara dan bagaimana cara mengatasinya masalah kesehatan tersebut.

1. Bau mulut

Produksi kelenjar air liur yang menurun membuat lebih banyak bakteri yang tumbuh di dalam mulut sehingga membuat nafas bau. Ditambah dengan camilan makanan dan minuman manis yang dikonsumsi menghasilkan senyawa sulfur yang menyebabkan bau.

Untuk mengatasinya, makan makanan yang sehat dan minum air putih serta sikat gigi setelah memakan makanan yang manis. Permen mint darurat yang disediakan mungkin dapat membantu tapi tidak betahan selamanya.

2. Kaki bengkak

Sirkulasi darah yang buruk membuat gumpalan darah terjadi di salah satu pembuluh darah dalam tubuh. Duduk diam untuk waktu yang lama dalam kondisi sempit, dehidrasi, dan tekanan kabin yang rendah juga berkontribusi dalam masalah ini, menurut American Heart Association.

Baca juga: Maskapai Penerbangan Luar Negeri Berikan Asuransi Covid-19 Gratis

Untuk mengatasinya, jaga sirkulasi darah dalam tubuh dengan bergerak atau berjalan-jalan selama satu jam sekali. Namun jika terjebak dengan penumpang lain yang sedang tertidur, dapat melakukan peregangan dengan menaik-turunkan kaki dan memutar pergelangan kaki setengan jam sekali.

3. Pusing

Saat berada di ketinggian, oksigen menjadi semakin tipis dan tingkat oksigen dalam darah pun menurun hingga 93%. Akibatnya adalah kelelahan, sakit kepala, dan pusing. Sayangnya tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mengatasi ini selain menjaga diri dan tidak meminum alkohol yang semakin memperparah tingkat oksigen dalam darah.

4. Sembelit

Duduk dalam waktu yang lama membuat tekanan dalam tubuh sehingga membuat metabolisme menurun. Akibatnya, terciptanya gas dalam perut, kembung, sembelit, dan sakit perut.

Untuk mencegahnya, jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum berangkat dan konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti kacang atau biji-bijian untuk membantu pencernaan. Serta jangan menunda atau menahan untuk pergi ke kamar mandi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Saat Alo Yoga bersiap untuk ekspansi besar besaran ke Asia, brand lifestyle tersebut telah mengumumkan Jin BTS sebagai global ambassador barunya....
  • HOT !
    Calvin Klein telah mengumumkan NewJeans sebagai Global Ambassador terbarunya. Pada 25 September, merek pakaian Amerika itu memperkenalkan bagian terakhir dari kampanye 24 Fall dengan lima member NewJeans....
  • HOT !
    Brand perhiasan ternama Swarovski mengumumkan pada 27 Agustus bahwa mereka telah memilih Kim Chaewon, leader grup LE SSERAFIM, sebagai Brand Ambassador Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Chanyeol Park, OC, Byun Baekhyun, EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)