home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Itu Sianida dan Tindakan Apa yang Harus Dilakukan Jika Terpapar? Ini Penjelasannya!

Sabtu, 14 Oktober 2023 21:45 by Rie127 | 925 hits
Apa Itu Sianida dan Tindakan Apa yang Harus Dilakukan Jika Terpapar? Ini Penjelasannya!
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Belakangan ini kasus kopi sianida kembali naik kepermukaan dan menjadi pusat perhatian publik. Terlepas dari kasus yang terjadi pada tahun 2016 tersebut, apa sih yang dimaksud dengan sianida?

Dilansir dari laman website Kementerian Kesehatan, sianida adalah senyawa kimia yang sering dimanfaatkan untuk membasmi hama dan serangga. Senyawa kimia ini juga digunakan dalam berbagai industri, seperti kertas, tekstil, plastik, atau pertambangan. Selain itu, sianida juga bisa ada dalam asap rokok atau asap hasil pembakaran plastik.

Keracunan sianida bisa menyebabkan gangguan kekurangan oksigen dalam sel hingga menyebabkan risiko kematian yang tinggi. Ada beberapa jenis sianida yang bisa berbahaya jika terhirup, yaitu hidrogen sianida, klorida sianida, sodium sianida, dan potasium sianida.

Orang yang tanpa sengaja menghirup atau menelan sianida dapat memiliki gejala seperti sulit bernapas, kejang, hilang kesadaran, atau henti jantung. Paparan sianida dapat menyebabkan sel-sel tubuh kekurangan oksigen. Akibatnya, fungsi sel-sel tersebut menjadi terganggu dan kemudian mati.

Baca juga: Tidak Berikan Pesangon PHK, Ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin Dilaporkan oleh Mantan Karyawan

Untuk memastikan apakah pasien mengalami keracunan sianida, dokter akan melakukan tes darah. Tujuannya adalah untuk mengukur kadar sianida, kadar oksigen, kadar laktat, kadar karbon monoksida, dan methemoglobin di dalam darah. Pengobatan akibat paparan racun sianida hanya bisa dilakukan oleh petugas medis.

Namun, jika kalian melihat orang yang diduga mengalami keracunan sianida, bawalah orang tersebut ke ruang terbuka. Bila pernah mendapatkan pelatihan bantuan hidup dasar, lakukan teknik RJP atau resusitasi jantung paru pada orang tersebut. Perlu diingat, jangan sesekali memberikan bantuan napas dari mulut ke mulut kepada orang yang dicurigai mengalami keracunan sianida.

Kalian juga harus berhati-hati menangani orang yang kulit atau pakaiannya terkena sianida. Tindakan terbaik yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghubungi petugas medis agar tidak ikut terpapar sianida.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Timnas Indonesia U 23 akan berlaga melawan Timnas Irak U 23 untuk memperebutkan tempat ketiga Piala Asia U 23 agar mengamankan posisi Grup C ke Olimpiade Paris 2024. Seperti yang diketahui, Indonesia dan Irak sama sama tidak lolos ke final Piala Asia U 23 2024 di mana Indonesia kalah dari Uzbekistan sementara Irak dikalahkan Jepang....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 berlangsung sukses! Melalui acara ini, telah menemukan bakat bakat baru yang siap bergabung menjadi announcer di Dreamers Radio....
  • HOT !
    Indonesia Comic Con dengan bangga mengumumkan event terbaru, Indonesia Anime Con (INACON) di acara Kick Off INACON pada tanggal 5 Maret 2024 di Irotikay Infinity. Indonesia Anime Con akan berlangsung pada tanggal 15 16 Juni 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)