home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seberapa Bahaya Penyakit Langka Stiff-Person Syndrome?

Jumat, 09 Desember 2022 21:10 by muthiasp | 1785 hits
Seberapa Bahaya Penyakit Langka Stiff-Person Syndrome?
Image source: FOX

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, penyanyi Celine Dion dikabarkan menderita Stiff-Person Syndrome (SPS), penyakit langka yang menyerang otot. Pelantun lagu 'My Heart Will Go On' tersebut bahkan terancam tidak bisa menyanyi lagi.

Melansir National Institute of Neurological Disorders and Stroke, Stiff-Person Syndrome adalah kelainan neurologis progresif yang langka. SPS mempengaruhi wanita dua kali lebih banyak daripada pria.

Gejalanya termasuk otot kaku di batang tubuh (torso), lengan, dan kaki. Serta kepekaan yang lebih besar terhadap kebisingan, sentuhan, dan tekanan emosional, yang dapat memicu kejang otot.

Seiring waktu orang dengan SPS dapat mengembangkan postur tubuh yang tidak normal, sering membungkuk. Beberapa orang mungkin terlalu cacat untuk berjalan atau bergerak. Banyak yang sering jatuh karena mereka tidak memiliki refleks normal untuk menahan diri.

Penderita SPS mungkin takut keluar rumah karena suara jalanan, seperti suara klakson mobil, bisa memicu kejang dan jatuh. Sehingga juga memicu depresi dan kecemasan pada penderita SPS.

SPS sering dikaitkan dengan penyakit autoimun lain seperti diabetes tipe-I, tiroiditis, vitiligo, dan anemia pernisiosa. Para ilmuwan belum memahami apa yang menyebabkan SPS, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu adalah hasil dari respon autoimun yang salah di otak dan sumsum tulang belakang.

Sementara obatnya belum ditemukan, dokter akan meresepkan obat untuk meredakan gejala SPS seperti obat penenang, pelemas otot, dan steroid.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)