home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Museum SAKA di Bali yang Masuk Salah Satu Tempat Terindah Di Dunia Versi Time!

Senin, 12 Agustus 2024 18:00 by reinasoebisono | 286 hits
Melihat Museum SAKA di Bali yang Masuk Salah Satu Tempat Terindah Di Dunia Versi Time!
Image source: TIME Magazine

DREAMERS.ID - Ternyata ada satu tempat di Bali, tepatnya di Ayana Estate Jimbaran, Bali yang dinobatkan menjadi salah satu tempat terindah di dunia versi majalah TIME. Adalah Museum SAKA yang juga jadi satu-satunya tempat di Indonesia dalam daftar ‘The World’s Greatest Places of 2024’.

Melansir Merdeka, museum cantik ini baru saja dibuka Maret 2024 lalu yang menawarkan keindahan dan kearifan local Bali dengan koleksi budaya seperti ogoh-ogoh raksasa, lukisan serta knowledge center yang menyajikan Sejarah Bali.

Uniknya, museum ini punya fitur film tentang Bali yang tersedia dalam berbagai Bahasa yang berfokus pada harmoni antara Tuhan, alam dan manusia. Museum ini juga memiliki kaitan dengan prinsip mendalam Bali yaitu Tri Hita Kirana.

Tri Hita Kirana adalah filosofi Bali yang mengedepankan keselarasan dan keseimbangan Tuhan, alam dan kemanusiaan. Filosofi ini tersaji dalam seni dan arsitektur sampai praktik keagamaan dan kehidupan sehari-hari.

Nama museum ini juga berasal dari kalender Saka Bali sebagai penghormatan terhadap kekayaan masa lalu Bali, masa kini yang penuh semangat dan masa depan yang menjanjikan. Museum SAKA juga menampilkan beragam pameran yang menghidupkan Nyepi dan budaya Bali.

Museum SAKA buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 18.00 WITA dan akan menyambut pengunjung dengan patung ogoh-ogoh raksasa yang bisa bergerak seperti robot. Selain itu juga ada patung, pintu istana, naskah lontar sampai gamelan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Karina aespa telah terpilih sebagai brand ambassador baru untuk rumah mode mewah asal Italia, Prada....
  • HOT !
    Setelah digelar sejak 18 Mei 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan pemenang dari ajang pencarian penyanyi berbakat “Kejar Mimpi Rising Start”....
  • HOT !
    Louis Vuitton secara resmi telah mengumumkan Lisa BLACKPINK sebagai House Ambassador baru mereka dengan merilis pemotretan dan video interview sang artis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Chanyeol Park, OC, Byun Baekhyun, EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)