home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mau Icip Makanan Korea? Pelajari Dulu Tata Kramanya!

Rabu, 10 April 2013 17:15 by ningcil | 20134 hits
Mau Icip Makanan Korea? Pelajari Dulu Tata Kramanya!
nomadicsamuel.com

Gelombang hallyu memang membawa semua aspek tentang Korea, tak terkecuali tentang kulinernya. Sehingga banyak orang yang berbondong-bondong ke Korea hanya untuk mencicipi hidangan Korea di negara aslinya. Namun tahukah kamu tentang tata krama orang Korea saat makan?

Beberapa negara di kawasan Asia memang dikenal penuh dengan tata krama, bahkan ketika hendak makan. Setiap negara memiliki etika dan tata krama masing-masing sebelum makan, termasuk Korea Selatan. Bagi kamu yang menyukai kuliner Korea dan ingin makan langsung di Korea, ada baiknya jika mempelajari dulu tata cara dan tata krama orang Korea sebelum menyantap makanan. Yuk kita simak tata cara makan khas Korea Selatan

1. Tunggu hingga dipersilahkan duduk
Saat tiba di rumah orang yang mengundang makan atau makan di restoran, jangan langsung duduk di ruang makan sebelum dipersilahkan. Tunggu hingga orang yang paling tua atau tuan rumah mempersilahkan duduk, baru kita boleh menempati tempat duduk di ruang makan.

2. Ucapkan salam sebelum makan
Jika mendapat undangan untuk makan dirumah orang lain, jangan lupa mengucapkan, “Jal moke get sum nida” yang artinya “Aku akan makan dengan baik” sebagai ungkapan hormat dan rasa terimakasih kepada sang tuan rumah atau orang mengundang makan.

3.Saat mulai makan
Saat hidangan disiapkan, jangan langsung menyantap makanan yang ada di depanmu sebelum orang yang tertua atau orang yang mengundang makan mulai menyantap makanannya. Setelah orang tertua atau orang yang mengundang mulai mengangkat sumpit atau sendoknya, barulah kita bisa ikut menyantap makanan yang telah dihidangkan.

4. Saat makan
Sesuaikan kecepatan untuk menghabiskan makanan dengan orang-orang yang sedang makan disekitarmu. Jangan terlalu lambat atau terlalu cepat. Yang paling penting, jangan pernah meniup hidungmu sendiri saat makan. Hal tersebut merupakan hal yang paling tidak sopan dilakukan saat makan.

Baca juga: Inilah Tata Cara Makan di Negeri Jepang yang Wajib Diketahui

5. Mangkuk Nasi dan Sup
Selama makan, tetap letakkan mangkuk nasi dan sup di meja. Jangan angkat mangkuk tersebut seperti yang biasa kita lihat dalam budaya orang Cina dan Jepang. Jika tidak mau makananmu berceceran, dekatkan mulutmu ke meja dan makan secara perlahan.

6. Ucapankan salam setelah makan
Setelah selesai menyantap makanan yang dihidangkan di meja, jangan lupa ucapkan, “Jal moke got sum nida” yang mempunyai arti “Aku sudah makan dengan baik dan kenyang” yang  juga bermakna, “Makanannya sangat enak, terimakasih banyak atas makanannya.”

7. Menuang minuman
Saat ingin minum, tawarkan untuk menuangkan minuman kepada orang yang lebih tua terlebih dahulu. Saat menuangkan, pegang botol dengan kedua tangan dan sebaliknya jika dituangkan, pegang gelasmu dengan kedua tangan.

Walaupun terlihat sedikit rumit, namun hal ini penting dipelajari saat kamu hendak bepergian ke Korea atau diundang makan di rumah orang Korea ^^

 

Komentar
  • HOT !
    Ramyun Korea kini menjadi makanan yang tidak hanya digemari oleh orang Korea, tetapi juga orang orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia....
  • HOT !
    Brand K beauty inovatif UIQ akan secara resmi diluncurkan di Indonesia melalui acara ‘UIQ Universe in Jakarta: RIIZE Fansign Event & Beauty Talk Show’ di Lippo Mall Puri pada 1 September 2024....
  • HOT !
    Setelah digelar sejak 18 Mei 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengumumkan pemenang dari ajang pencarian penyanyi berbakat “Kejar Mimpi Rising Start”....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)