SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Resmi Rilis Android Go Edisi Oreo untuk Smartphone Kelas Bawah

Rabu, 06 Desember 2017 13:00 by zia92 | 998 hits
Google Resmi Rilis Android Go Edisi Oreo untuk Smartphone Kelas Bawah
Image source: The Verge

DREAMERS.ID - Dalam ajang Google I/O pada Mei tahun ini, Google berjanji akan membuat Android yang khusus dirancang untuk perangkat kelas bawah. Dan hari ini, Android Go (edisi Oreo) telah tersedia untuk para vendor ponsel dan developer. Perilisan ini tidak berarti Android Go sudah bisa digunakan pengguna secara publik, tapi kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat.

Mengapa Android Go disebut untuk perangkat kelas bawah, karena pada dasarnya sistem operasi ini adalah Android Oreo yang dirancang untuk ponsel dengan RAM antara 512 MB sampai 1GB. Sebagai perbandingan, Pixel 2 dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4GB, sementara iPhone X punya 3GB dan Galaxy Note 8 punya 6GB.

Membuat sistem operasi yang bekerja di dua flagship dan ponsel yang murah bukan hal yang mudah dan merupakan sebuah tantangan bagi Google. Untuk mewujudkannya, Google harus memangkas sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya.

Baca juga: Bukan Pancake atau Popsicle, Inikah Nama Resmi Android P?

Google sebelumnya juga punya Android One yang dirancang untuk perangkat kelas bawah. Namun ini berbeda dengan Android Go. One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS, mirip Nexus.

Namun Android Go adalah Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel. Namun yang patut diperhatikan, hal yang membuat Android Go istimewa adalah aplikasi dari Google yang ukurannya sudah diperkecil, dan belum terungkap bagaimana nasib aplikasi-aplikasi lain di luar itu.

(fzh)

  • HOT !
    Karakter original yang diciptakan para member BTS yang dinamai BT21 sudah melakukan banyak kolaborasi dengan berbagai brand. Karakter ini awalnya dibuat dengan kolaborasi bersama layanan pesan instan LINE untuk dijadikan stiker, namun seiring berjalannya waktu dan popularitas BTS yang semakin mendunia, banyak produk bermunculan yang menampilkan karakter BT21....
  • HOT !
    Layanan pesan instan LINE baru saja merilis fitur baru untuk membalas pesan lebih mudah. Fitur ‘Reply’ ini memungkinkan pengguna untuk mengutip dan menjawab pesan secara langsung sehingga percakapan dalam chat room lebih menyenangkan....
  • HOT !
    Masih sekitar tiga minggu lagi jelang perilisan Galaxy Note 9. Namun CEO Samsung DJ Koh terlihat sudah menggunakan phablet tersebut di hadapan publik. Tak banyak hal yang terungkap dari foto yang menunjukkan Koh tengah menggunakan ponsel tersebut selain dukungan S Pen....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)