SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Resmi Rilis Android Go Edisi Oreo untuk Smartphone Kelas Bawah

Rabu, 06 Desember 2017 13:00 by zia92 | 1017 hits
Google Resmi Rilis Android Go Edisi Oreo untuk Smartphone Kelas Bawah
Image source: The Verge

DREAMERS.ID - Dalam ajang Google I/O pada Mei tahun ini, Google berjanji akan membuat Android yang khusus dirancang untuk perangkat kelas bawah. Dan hari ini, Android Go (edisi Oreo) telah tersedia untuk para vendor ponsel dan developer. Perilisan ini tidak berarti Android Go sudah bisa digunakan pengguna secara publik, tapi kemungkinan akan tersedia dalam waktu dekat.

Mengapa Android Go disebut untuk perangkat kelas bawah, karena pada dasarnya sistem operasi ini adalah Android Oreo yang dirancang untuk ponsel dengan RAM antara 512 MB sampai 1GB. Sebagai perbandingan, Pixel 2 dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4GB, sementara iPhone X punya 3GB dan Galaxy Note 8 punya 6GB.

Membuat sistem operasi yang bekerja di dua flagship dan ponsel yang murah bukan hal yang mudah dan merupakan sebuah tantangan bagi Google. Untuk mewujudkannya, Google harus memangkas sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya.

Baca juga: Data Pengguna Bocor, Layanan Google+ Ditutup Selama-lamanya

Google sebelumnya juga punya Android One yang dirancang untuk perangkat kelas bawah. Namun ini berbeda dengan Android Go. One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS, mirip Nexus.

Namun Android Go adalah Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel. Namun yang patut diperhatikan, hal yang membuat Android Go istimewa adalah aplikasi dari Google yang ukurannya sudah diperkecil, dan belum terungkap bagaimana nasib aplikasi-aplikasi lain di luar itu.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah Apple, Samsung nampaknya akan menjadi vendor selanjutnya yang bakal menghilangkan jack audio pada smartphone flagship nya. Sumber terdekat mengatakan bahwa perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan mulai mendepak jack audio 3,5 mm tahun depan....
  • HOT !
    Pemilihan menu makan yang beragam dan berbeda setiap harinya memang membuat kita tidak bosan dan dapat meningkatkan nafsu makan. Namun mengkonsumsi makanan yang bervariasi ternyata memungkinkan kamu untuk memakan lebih banyak makanan tidak sehat....
  • HOT !
    Makanan dan minuman manis memang enak di lidah. Sayangnya, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa berdampak buruk pada angka timbangan berat badan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)