home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aplikasi Waze Kini Bisa Pandu Pengendara Mobil di Jakarta Sesuai Aturan Ganjil Genap

Minggu, 22 Oktober 2017 12:27 by fzhchyn | 1230 hits
Aplikasi Waze Kini Bisa Pandu Pengendara Mobil di Jakarta Sesuai Aturan Ganjil Genap
Image source: Market Watch

DREAMERS.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan beberapa upaya untuk memudahkan pengendara di ibu kota terkait implementasi aturan Ganjil Genap. Salah satunya adalah menjalin kerja sama dengan salah satu aplikasi navigasi yang berasal dari Amerika Serikat, Waze.

Melalui kerja sama tersebut, Waze resmi meluncurkan fitur navigasi yang dilengkapi dengan implementasi Ganjil Genap pada ruas-ruas yang dirancang khusus untuk pengguna Waze di Jakarta. "Kerja sama dengan Waze itu merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi tingkat kemacetan di wilayah ibukota," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Kamis, mengutip Antara.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, menurut Andri Yansyah, pengguna Waze dapat masuk ke menu "setting", lalu ke menu "navigasi", lalu pilih "licence plate restriction" dan masukan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna.

Baca juga: Hadirkan Fitur Serupa pada Maps, Google Dikabarkan Bakal Matikan Waze

Kemudian, secara otomatis Waze akan me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap tersebut. "Dari seluruh aplikasi Waze di dunia, hanya di Jakarta dan Brasil yang saat ini sudah diberikan penambahan fitur pembatasan lalu lintas dengan aturan ganjil genap itu," ujar Andri.

Selain itu, dia mengungkapkan dengan bantuan map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan serta Jakarta Smart City, fitur untuk menghindari simpang yang sedang dilakukan pekerjaan konstruksi dan tidak bersinyal juga sudah dapat diaktifkan.

"Tidak hanya itu, aplikasi Waze untuk wilayah DKI Jakarta juga sudah ditambahkan lokasi parkir off street yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan, misalnya parkir off street IRTI Monas dan Thamrin 10," ungkap Andri.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)