home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Baik Saat Puasa yang Harus Dipertahankan Usai Lebaran

Rabu, 28 Juni 2017 09:00 by fzhchyn | 2618 hits
Kebiasaan Baik Saat Puasa yang Harus Dipertahankan Usai Lebaran
Image source: Spoon University

DREAMERS.ID - Ada perubahan gaya hidup yang cukup signifikan saat seseorang menjalani ibadah puasa, seperti pola makan dan tidur yang berubah. Namun setelah Lebaran, orang-orang akan kembali ke kehidupan normal seperti sebelum puasa.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat Ramadhan yang sebaiknya dipertahankan meski sudah tidak berpuasa lagi karena manfaat kesehatannya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa diantara kebiasaan baik tersebut, melansir Detik.

Sepanjang bulan Ramadhan, pola makan dan tidur seseorang misalnya bisa jadi lebih teratur. Hal ini karena saat itu jam kerja lebih singkat dan aturan berpuasa membuat orang-orang secara otomatis membatasi asupan makanan.

Dampaknya ke tubuh dengan istirahat yang cukup maka seseorang bisa menjadi lebih bugar. Sementara dengan membatasi asupan makanan maka berat badan jadi lebih terjaga terhindar dari risiko obesitas dan penyakit yang menyertainya.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

dr Fajar Pradhana Putra dari Rumah Sakit Tentara (RST) dr Reksodiwiryo mengatakan dua kebiasaan baik tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena berdampak pada metabolisme tubuh. "Jadi pertahankan hal itu di bulan-bulan berikutnya agar kebugaran bisa lebih baik lagi. Jangan takut untuk membiasakan kembali berpuasa di luar bulan Ramadan diimbangi dengan olahraga yang cukup," kata dr Fajar.

Namun lain ceritanya kalau seseorang justru malas-malasan selama bulan Ramadhan karena memiliki lebih banyak waktu. Untuk orang seperti itu dr Fajar menyarankan agar ketika kembali ke aktivitas sehari-hari ia lebih rajin berolahraga menggerakkan tubuhnya.

"Lain jika saat bulan puasa kebanyakan ibadah tidurnya dibanding olahraga. Efek yang akan didapat pascapuasa justru mengganggu kesehatannya. Bisa karena efek lemak menumpuk, tidur terlalu lama, dan kebugaran tubuh itu sendiri," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)