home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terbukti Secara Ilmiah, Berbagai Jenis Makanan Ini Bisa Mengusir Bad Mood

Kamis, 03 Juni 2021 14:23 by fzhchyn | 4336 hits
Terbukti Secara Ilmiah, Berbagai Jenis Makanan Ini Bisa Mengusir Bad Mood
Image source: Smile Fort Collins

DREAMERS.ID - Saat merasakan suasana hati yang buruk alias bad mood, sebagian orang memiliki kecendurang untuk menyantap makanan atau camilan. Penelitian juga membuktikan lho bahwa beberapa jenis makanan memang bisa membuat mood membaik. Apa saja?

1. Pisang

Buah ini kaya akan vitamin b6 yang membantu mensintesis neurotransmiter mood baik seperti dopamin dan serotonin. Satu buah pisang besar (136 gram) menyediakan 16 gram gula dan 3,5 gram serat. Saat dipasangkan dengan serat, gula dilepaskan secara perlahan ke dalam aliran darah, memungkinkan kadar gula darah yang stabil dan kontrol suasana hati yang lebih baik.

2. Oat

Oat adalah sumber serat yang sangat baik. Serat membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, memungkinkan pelepasan gula secara bertahap ke dalam aliran darah untuk menjaga tingkat energi tetap stabil. Dalam sebuah penelitian, mereka yang makan 1,5-6 gram serat saat sarapan melaporkan suasana hati dan tingkat energi yang lebih baik.

3. Beri

Baca juga: Wajib Dibawa, Inilah Snack yang Cocok untuk Liburan

Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bad mood adalah beri. Buah beri mengemas berbagai antioksidan dan senyawa fenolik. Beri sangat tinggi antosianin, pigmen yang memberi warna ungu-biru. Satu studi mengaitkan diet kaya antosianin dengan risiko gejala depresi 39% lebih rendah.

4. Kopi

Kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosin menempel pada reseptor otak yang memicu kelelahan, sehingga meningkatkan kewaspadaan dan perhatian. Selain itu, kopi juga meningkatkan pelepasan neurotransmiter yang meningkatkan mood, seperti dopamin dan norepinefrin.

5. Cokelat

Sudah bukan rahasia jika cokelat kaya akan senyawa peningkat mood. Konsumsi cokelat akan membantu melepaskan serangkaian senyawa yang membuat perasaan senang, seperti kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine. Untuk mengembalikan mood yang bagus, kamu bisa menyantap snack JetZ varian rasa coklatnya yang manis yang renyah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...
  • HOT !
    Bagi pecinta Korea, wajib menonton serunya konten yang akan dihadirkan di channel Youtube, The Sunbae Club. Melalui channel ini, ada empat series berbeda dimana para content creator mengeksplorasi persamaan dan perbedaan budaya Korea dengan Indonesia....
  • HOT !
    Fashion selalu menjadi bagian penting dari K pop. Memang banyak idol yang memiliki ciri khas gaya mereka sendiri. Tetapi tren fashion yang terus berubah selalu menginspirasi penampilan segar idol setiap tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)