home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Kimchi Bisa Basi, Begini Cara Penyimpanan yang Benar

Kamis, 03 Desember 2020 13:50 by RizkiSetiawaan | 1108 hits
Ternyata Kimchi Bisa Basi, Begini Cara Penyimpanan yang Benar
Image Source: koreanbapsang.com

DREAMERS.ID - Kimchi adalah sayur fermantasi khas Korea, yang memiliki rasa cenderung pedas dan asam. Semakin lama disimpan, rasa dari kimchi akan semakin asam. Hal itu tentu membingungkan, apakah kimchi masih layak makan atau justru sudah basi.

Menurut Healthline, kimchi bisa tahan sampai 1 minggu tanpa kulkas. Sementara kalau disimpan dalam kulkas, awet 3-6 bulan. Namun, ada syaratnya yaitu cara menyimpan yang tepat supaya awet.

Melansir dari Kompas, berikut cara menyimpan dan mengetahui tanda kimchi sudah basi.

Cara Menyimpan Kimchi

Selalu simpan kimchi di dalam keadaan tertutup rapat. Ketika ingin mengambil kimchi gunakan peralatan yang bersih. Letakan di meja dapur yang terhindar dari panas langsung maupun lembab. Apabila ingin disimpan di kulkas, atur suhu dibawah 4 derajat celsius.

Suhu yang lebih hangat dapat memperepat pembusukan. Letakan di laci khusus sayur atau kulkas di bagian bawah.

Baca juga: Begini Cara Menikmati Kimchi Jjigae Seperti Warga Lokal Korea

Para pencinta kimchi dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang lembut, dapat menyantapnya dalam kurun waktu 3 bulan. Setelah waktu 3 bulan, tekstur dari kimchi akan berubah menjadi lebih lembek dan rasanya semakin asam.

Tanda Kimchi Basi

Kimchi yang disimpan dengan tepat dan dapat bertahan selama 3-6 bulan selama tidak muncul jamur. Biasanya jamur tumbuh pada makanan dengan suhu hangat, tetapi tidak menuntup kemungkinan muncul pada makanan yang terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

Kalau muncul titik hitam, biru, atau hijau yang tidak biasa pada kimchi mungkin saja itu jamur. Jangan dihirup aromanya, karena jamur bisa saja masuk ke dalam tubuh. Tanda lain kimchi tidak layak makan adalah baunya sangat asam menyengat, bahkan cenderung seperti bau alkohol.

Lebih sering periksa kimchi apabila terbuat dari bahan yang mengandung seafood. Makan kimchi yang sudah basi juga bisa menyebabkan mual, diare, dan muntah.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Pada 7 Agustus lalu, pemerintah kota Seoul secara resmi membuka kembali kawasan Gwanghwamun Square, setelah direnovasi besar besaran selama dua tahun. Publik menyambut baik wajah baru dari landmark utama di pusat ibu kota tersebut....
  • HOT !
    Kimbab menjadi makanan khas Korea yang akan membuat kita teringat dengan karakter Woo Young Woo dari drama Extraordinary Attorney Woo. Aslinya, tempat yang menjadi lokasi syuting kedai milik ayah Woo Young Woo tidak menjual kimbab....
  • HOT !
    NCT 127 telah terpilih sebagai Brand Ambassador atau Duta Asia Pasifik (APAC) PUMA yang baru dan akan mempromosikan merek tersebut di 15 negara di Asia dan Oseania....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)