home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH

Rabu, 02 Desember 2020 17:50 by SartikaF | 541 hits
5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Semenjak WFH alias bekerja dari rumah banyak sekali hal-hal kecil yang tidak kita sadari sering kali terjadi, salah satunya seperti sulit tidur ketika di malam hari atau insomnia. Hal ini tentu sangat menganggu produktivitas harian.

Insomnia sangat mungkin terjadi karena adanya perubahan gaya hidup yang berubah, kurang gerak akibat bekerja dari rumah, hingga kecemasan pandemi yang tak kunjung usai. Apakah kamu termasuk orang yang sulit tidur dimalam hari?

Melansir laman Detik, berikut ada 5 cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, menurut seorang ahli tidur Dr Sophie Bostock.

1. Olahraga Teratur

Salah satu alasan kamu sulit tidur adalah kurang bergerak dan tidak terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, tubuh jadi kurang lelah dan bingung dengan waktu biologisnya yang menyebabkan sulit tidur ketika malam. Sophie pun menyarankan untuk olahraga di luar ruangan.

2. Hindari Tidur Siang

Agar lebih cepat ngantuk di malam hari, hindari pula tidur siang. Meski bekerja dari rumah memungkinkan kamu untuk lebih santai, tapi hal itu juga bisa memicu begadang yang kurang baik bagi tubuh.

Baca juga: Banyak Distraksi, Ini Cara Agar Tetap Fokus Saat WFH

3. Buat Rutinitas Baru

Perubahan aktivitas dan gaya hidup karena masa karantina membuat pola tidur juga berganti. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat rutinitas baru sesuai kebutuhan selama WFH. Dengan jadwal yang tetap, kinerja tubuh jadi lebih teratur.

Misalnya tetapkan untuk tidur sekitar jam 11 malam, dan bangun pukul 7 pagi agar tubuh tahu bahwa itu waktu istirahatnya.

4. Matikan Handphone

Selama masa karantina mungkin kamu punya banyak waktu luang sehingga sering main handphone. Hal ini pun perlu dihindari karena sinar dari gadget pun dapat mengganggu pola tidur. Pastikan saja untuk tidak memegang handphone sejam sebelum waktu istirahat.

5. Hindari Baca Berita Sebelum Tidur

Agar otak tidak terstimulasi, sebaiknya hindari baca berita sebelum tidur. Apalagi yang kamu tahu membuat perasaan jadi cemas dan tidak tenang. Dari pada baca berita atau berdiskusi mengenai berita corona, alihkan pada sesuatu yang menghibur, seperti menonton video, membaca buku, dan lain sebagainya.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)