home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penyebab Badan Lelah Saat Bangun Tidur

Kamis, 19 November 2020 07:00 by SartikaF | 3027 hits
Ini Penyebab Badan Lelah Saat Bangun Tidur
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Mungkin kamu sering merasa sudah cukup tidur tapi badan masih merasa capek ketika bangun di pagi hari? Rupanya itu bukan masalah yang sepele juga, karena bisa jadi ada hubungannya dengan gangguan kesehatan.

Melansir dari Wolipop, ada beberapa penyebab seseorang sering kali merasa capek dan lelah ketika bangun di pagi hari walaupun malam harinya sudah merasa tidur cukup.

1. Mudah tertidur tapi cepat terbangun

Apakah kamu tipe orang seperti ini, Dreamers? Untuk dapat tidur nyenyak, seseorang memerlukan waktu sekitar 10 - 15 menit hingga akhirnya tidur nyenyak. Hal ini dapat dilatih dengan mengurangi tingkat stres melalui meditasi atau relaksasi.

2. Meminum obat-obatan

Beberapa jenis obat mempunyai efek samping yang membuat kita sulit tidur. Kebanyakan obat tidur hanya membuat tidur kita artifisial, atau sifatnya hanya sementara. Siasati dengan latihan fisik agar tidur lebih berkualitas.

3. Tidur mendengkur

Mendengkur bisa mengindikasikan seseorang menderita gangguan kesehatan seperti hipertensi atau penyakit jantung. Jika kamu mendengkur hanya sesekali, bisa jadi itu terjadi hanya karena kelelahan. Tapi jika kebiasaan mendengkur terjadi setiap hari, sebaiknya periksakan kesehatanmu ke dokter.

4. Mengalami sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan pada saluran pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit.

5. Sering mimpi buruk

Kalau kita sedang merasakan emosi seperti takut, marah, atau sedih, kita berpotensi untuk mimpi buruk. Akibatnya, kita tidak merasa segar ketika bangun tidur dan ini juga menjadi penyebab badan tetap terasa capek setelah bangun tidur.

6. Sering ke kamar mandi saat malam hari

Selain karena banyak minum, perasaan gelisah atau dalam fase emosional juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering ke kamar mandi. Sebaiknya, meditasi atau tenangkan diri dulu sebelum tidur agar lebih nyenyak.

7. Makan sebelum tidur

Mengonsumsi makanan berat yang sulit untuk dicerna sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur kita nantinya. Sebaiknya jika ingin makan disarankan dua jam sebelum waktu tidur.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Acara Dreamers.id ‘NASTAR: Ngabuburit Bareng Superstar’ yang diadakan pada 8 Mei kemarin, kedatangan beberapa fanbase untuk mengisi sesi Fanbase Zone! Tak hanya berbicara seputar idolanya, mereka juga berbagi pengalaman tentang proyek proyek bermanfaat bagi sesama....
  • HOT !
    Hai, Dreamers! Mau menangin Album K pop dan Skin Care gratiss cuma modal TikTok? Yuk ikutin TikTok Challenge ‘Mianhae My Bae’ bareng Dreamers.id. Simak cara dan syaratnya dulu yuk.....
  • HOT !
    Dakbokkeumtang atau dada ayam rebus pedas merupakan menu populer di Korea Selatan. Seperti namanya, menu yang terbuat dari daging ayam ini juga kadang disebut dakdoritang. Intip yuk cara membuatnya:...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)