home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penyebab Badan Lelah Saat Bangun Tidur

Kamis, 19 November 2020 07:00 by SartikaF | 3148 hits
Ini Penyebab Badan Lelah Saat Bangun Tidur
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Mungkin kamu sering merasa sudah cukup tidur tapi badan masih merasa capek ketika bangun di pagi hari? Rupanya itu bukan masalah yang sepele juga, karena bisa jadi ada hubungannya dengan gangguan kesehatan.

Melansir dari Wolipop, ada beberapa penyebab seseorang sering kali merasa capek dan lelah ketika bangun di pagi hari walaupun malam harinya sudah merasa tidur cukup.

1. Mudah tertidur tapi cepat terbangun

Apakah kamu tipe orang seperti ini, Dreamers? Untuk dapat tidur nyenyak, seseorang memerlukan waktu sekitar 10 - 15 menit hingga akhirnya tidur nyenyak. Hal ini dapat dilatih dengan mengurangi tingkat stres melalui meditasi atau relaksasi.

2. Meminum obat-obatan

Beberapa jenis obat mempunyai efek samping yang membuat kita sulit tidur. Kebanyakan obat tidur hanya membuat tidur kita artifisial, atau sifatnya hanya sementara. Siasati dengan latihan fisik agar tidur lebih berkualitas.

3. Tidur mendengkur

Mendengkur bisa mengindikasikan seseorang menderita gangguan kesehatan seperti hipertensi atau penyakit jantung. Jika kamu mendengkur hanya sesekali, bisa jadi itu terjadi hanya karena kelelahan. Tapi jika kebiasaan mendengkur terjadi setiap hari, sebaiknya periksakan kesehatanmu ke dokter.

4. Mengalami sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan pada saluran pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit.

5. Sering mimpi buruk

Kalau kita sedang merasakan emosi seperti takut, marah, atau sedih, kita berpotensi untuk mimpi buruk. Akibatnya, kita tidak merasa segar ketika bangun tidur dan ini juga menjadi penyebab badan tetap terasa capek setelah bangun tidur.

6. Sering ke kamar mandi saat malam hari

Selain karena banyak minum, perasaan gelisah atau dalam fase emosional juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering ke kamar mandi. Sebaiknya, meditasi atau tenangkan diri dulu sebelum tidur agar lebih nyenyak.

7. Makan sebelum tidur

Mengonsumsi makanan berat yang sulit untuk dicerna sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur kita nantinya. Sebaiknya jika ingin makan disarankan dua jam sebelum waktu tidur.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)