home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Anggap Remeh, Sariawan 1 Bulan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut

Rabu, 18 November 2020 15:50 by SartikaF | 867 hits
Jangan Anggap Remeh, Sariawan 1 Bulan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Sariawan adalah lesi yang dapat terjadi pada membran mukosa atau selaput lendir di mulut. Sariawan umum terjadi pada banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena berbagai sebab.

Meski biasanya bisa hilang dengan sendirinya, sariawan sering kali mengganggu, terutama saat sedang makan. Sariawan juga sering kali dianggap spele. Padahal sariawan yang lebih dari 1 bulan bisa jadi adalah pertanda kanker mulut lho.

Dokter spesialis penyakit mulut di RS Mitra Keluarga, Rusmawati telah mengatakan, bahwa secara umum perbedaan antara sariawan biasa dengan kanker mulut bisa diperhatikan dari beberapa hal, seperti waktu penyembuhan, tingkat [keparahan], lokasi, meraba sekitar luka, serta melihat perubahan warna.

Keberadaan bercak putih dan merah di rongga mulut bisa jadi salah satu petanda. Tak hanya bisa dilihat dari tingkat keparahannya, namun lamanya waktu sembuh sariawan juga jadi pertanda lain.

Rusmawati menyebutkan bahwa sariawan yang lebih dari 1 bulan menjadi salah satu penyebab kanker mulut. Selain itu, gejala kanker mulut juga bisa ditandai dengan adanya rasa sakit pada rongga mulut, dan pembengkakan pada dagu akibat kelenjar limfa submandibular yang membesar.

Gejala lain seperti rasa mengganjal di tenggorokan yang tak kunjung hilang akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mengunyah dan menelan, serta gigi yang goyang atau tinggal di sekitar tumor juga menjadi gejala.

"Muncul juga benjolan pada leher, penurunan berat badan, dan bau mulut," tambah Rusmawati.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Acara Dreamers.id ‘NASTAR: Ngabuburit Bareng Superstar’ yang diadakan pada 8 Mei kemarin, kedatangan beberapa fanbase untuk mengisi sesi Fanbase Zone! Tak hanya berbicara seputar idolanya, mereka juga berbagi pengalaman tentang proyek proyek bermanfaat bagi sesama....
  • HOT !
    Hai, Dreamers! Mau menangin Album K pop dan Skin Care gratiss cuma modal TikTok? Yuk ikutin TikTok Challenge ‘Mianhae My Bae’ bareng Dreamers.id. Simak cara dan syaratnya dulu yuk.....
  • HOT !
    Dakbokkeumtang atau dada ayam rebus pedas merupakan menu populer di Korea Selatan. Seperti namanya, menu yang terbuat dari daging ayam ini juga kadang disebut dakdoritang. Intip yuk cara membuatnya:...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)