home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Liburan ke Korea, 10 Etika Makan Ini Harus Dipatuhi

Senin, 19 Oktober 2020 15:30 by RizkiSetiawaan | 804 hits
Liburan ke Korea, 10 Etika Makan Ini Harus Dipatuhi
Image Source: asiasociety.com

DREAMERS.ID -  Apakah kalian pencinta makanan Korea? Sepertinya kurang lengkap jika kita tidak mengetahui table manners atau etika makan yang ada di negara ginseng tersebut. Etika makan ini harus diperhatikan dan dipraktikkan ketika liburan ke Korea nanti, agar terlihat sopan di mata warga lokal.

Korea Selatan terkenal dengan masyarakatnya yang menjunjung tinggi tata krama di meja makan, yang bertujuan untuk menunjukkan rasa hormat kalian terhadap budaya maupun orang yang lebih tua. Berikut etika makan ala Korea yang harus kalian ketahui:

Duduk berdasarkan peringkat sosial

Apabila kalian menghabiskan waktu untuk hidup di Korea lebih lama, terutama untuk bekerja, kemungkinan besar akan mengalami situsai makan di luar dengan rekan kerja.

Penting untuk mengetahui urutan duduk berdasarkan usia, di mana semakin muda usia kalian maka kalian harus duduk di dekat pintu dan mempersilahkan yang lebih tua untuk duduk terlebih dahulu .

Mempersilahkan yang lebih tua untuk makan

Korea Selatan memiliki kebiasaan menanyakan usia kepada orang baru. Bukannya tidak sopan, tetapi justru agar bisa berinteraksi dengan nyaman, termasuk ketika makan. Kalian harus membiarkan mereka yang lebih tua untuk mulai makan terlebih dahulu, sebelum yang usianya lebih muda.

Ikuti Kecepatan Makan

Cobalah mengatur kecepatan makan dengan orang-orang di sekitar. Jika kalian menyadari bahwa kalian akan selesai untuk suapan pertama maka perlambatlah. Apabila terburu-buru, justru membuat kalian terlihat seperti tidak suka berada di sana.

Mengatakan 'Jalmeokgesseumnida' dan 'Jalmeokeogesseumnida'

Sebelum memulai makan, penting untuk mengucapkan Jalmeokgesseumnida atau yang berarti 'aku akan menikmatinya', atau bisa juga 'selamat makan'. Setelah selesai, ucapkan Jalmeokeogesseumnida yang berarti 'aku menikmati makanannya' atau 'makanannya enak'. Hal ini penting untuk dikatakan sebagai cara menghargai orang setelah menyiapkan makanan.

Jangan mengakat manguk ketika sedang makan

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

Tidak seperti kebanyakan negara Asia lainya, kalian tidak diperbolehkan untuk mengangkat mangung atau piring jika makan di Korea. Pertahankan letak mangkuk dan piring kalian di atas meja.

Cara menggunakan alat makan

Saat makan di Korea yang harus diperhatikan adalah penggunaan sendok dan sumpit. Kalian harus menggunakan tangan yang berbeda, diusahakan jangan menggunakan keduanya sekaligus. Gunakan satu saja secara bergantian.

Menggunakan Piring Besar dan Kecil

Banyak hidangan Korea disajikan di satu piring besar untuk dinikmati bersama. Kalian harus memindahkannya ke piring kecil dahulu untuk menyantap makanan, jangan langsung dari piring yang besar.

Penempatan Sumpit

Letakkan sumpit di atas mangkuk atau di samping mangkuk di atas meja. Sumpit Korea biasanya tidak dibungkus dengan kertas, tetapi sering kali akan ada barang keramik kecil sebagai sandaran.

Gunakan Sendok Bersih Untuk Menyantap Side Dishes

Pastikan menggunakan sendok bersih atau baru, saat kalian akan mengambil hidangan sampingan. Jangan menggunakan sendok yang sudah masuk ke mulut, supaya makanan lainya tidak kotor atau tercampur. Biasanya, side dishes diambil dengan sumpit, dan sendok untuk sup atau nasi.

Etika saat minum alkohol

Apabila kalian mencoba untuk minum alkohol di Korea Selatan, coba perhatikan etika ini. Pertama, tuangkan minuman untuk orang lain terlebih dahulu, dan lalu biarkan orang lain juag menuangkan minuman ke gelas kalian.

Jika kalian melihat gelas orang yang lebih tua sudah kosong, tuangkan lah. Sikap ini menunjukkan rasa hormat kalian. Saat gelas kalian kosong lalu diisi oleh orang lebih tua, maka terimalah. Pegang gelas dengan dua tangan, lalu saat minum menghadap ke samping.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Melihat idol menggunakan pakaian yang sama dengan idol lain sudah tidak asing lagi dikalangan penggemar K Pop. Selain karena tren, alasan idol kerap menggunakan pakaian yang sama adalah adanya sponsor dari brand tersebut untuk di beberapa acara....
  • HOT !
    Tidak bisa dipungkiri, banyak aspek kehidupan yang dipengaruhi perkembangan budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Selain dari segi K pop dan K drama, K Beauty juga menjadi inspirasi sebagian wanita Indonesia....
  • HOT !
    Han So Hee menyambut usia baru ke 27 pada 18 November 2021. Namun ia telah merayakannya beberapa hari lalu dengan membagikan serangkaian foto melalui Instagram pribadi @xeesoxee....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)