home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Norovirus, Hati-hati Makan di Luar Rumah atau Delivery

Rabu, 14 Oktober 2020 19:31 by bonita99 | 7486 hits
Waspada Norovirus, Hati-hati Makan di Luar Rumah atau Delivery
Image source: suara.com

DREAMERS.ID - Setelah virus corona, kini muncul wabah lain di China yaitu norovirus. Virus ini yang sangat mudah menular menular melalui makanan, air, dan juga sentuhan barang yang telah terkontaminasi hingga mengakibatkan muntah dan diare.

Norovirus ini menyebar lewat air atau makanan yang terkontaminasi atau dengan menyentuh benda yang permukaannya terdapat virus. Oleh karena itu virus ini menyebar dengan mudah melalui makanan dan minuman yang berdampak besar pada kesehatan.

Sehingga patut waspada apabila makan di luar rumah atau makanan pesan antar. Seperti kasus yang terjadi di China ini, jurnal BMC Public Health melaporkan bahwa pelajar di daerah Guangzhou tiba-tiba mengalami gejala diare dan muntah yang kemungkinan penyebab paling umum dari gastroenteritis.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cegah Norovirus, Penyakit Menular yang Tengah Mewabah di China

Para peneliti mengatakan wabah ini kemungkinan berasal dari praktik penanganan yang buruk terkait memasak dan pengiriman makanan, sehingga menjadi sumber perantara penyebaran norovirus. Penularan norovirus ini sebagian besar dari pekerja dapur sebab tidak ada pengawasan yang memadai.

Wabah ini menginfeksi pelajar yang berusia 17 hingga 23 tahun, di mana 47 laki-laki dan 110 perempuan. Data 379 sampel deteksi norovirus dikumpulkan termasuk sampel usap rektal dari pengurus restoran luar kampus, staf kantin sekolah dan 32 pembersih lingkungan sekolah dan luar kampus.

Serta sampel restoran luar kampus yang menawarkan layanan pengiriman kepada siswa dikumpulkan. Hasilnya, dari 169 usap rektal, 10 positif norovirus, dan dua dari 11 sampel swab lingkungan positif. Semua sampel negatif untuk virus dan bakteri lain inilah menjadi serangkaian bukti menurut peneliti.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)