home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidur Lebih Cepat Dapat Atasi Diabetes Dibanding Larut Malam

Rabu, 07 Oktober 2020 18:10 by Rie127 | 763 hits
Tidur Lebih Cepat Dapat Atasi Diabetes Dibanding Larut Malam
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Seseorang yang sudah didiagnosa menderita diabetes memang harus lebih menjaga kesehatan tubuh. Selain menghindari gula yang berlebihan, penderita diabetes juga harus memiliki kualitas tidur yang baik.

Studi yang dilakukan oleh University of Leicester dan University of South Australia ini menemukan, pasien diabetes yang tidur lebih awal dapat memicu melakukan aktivitas fisik lebih baik, dibandingkan dengan pasien yang tidur larut malam.

Studi tersebut memeriksa 635 pasien dengan diabetes tipe 2. Para peneliti kemudian mengamati kebiasaan harian pada pasien seperti tidur, waktu istirahat, hingga aktivitas fisik yang dilakukan.

Dilansir dari BMJ Journals, peneliti menemukan sebanyak 25 persen pasien merupakan morning chronotypes (tidur awal dan bangun pagi), sedangkan 23 persen merupakan evening chronotypes (tidur larut dan bangun siang).

Baca juga: Berbagai Penyakit yang Dipicu Konsumsi Gula Berlebih

Selain itu, pasien dengan evening chronotypes memiliki waktu sedenter (tidak aktif secara fisik) lebih lama hingga 28,7 menit per hari dibandingkan dengan morning chronotypes.

“Riset kami menunjukkan, mereka yang senang begadang memiliki aktivitas fisik 56 persen lebih sedikit daripada yang bangun pagi,” ujar pemimpin studi Joseph Henson, dikutip dari News Medical.

Henson juga menambahkan, bahwa aktivitas fisik sangat penting untuk penderita diabetes. Aktivitas fisik dapat membantu seseorang mengontrol berat badan dan tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)