home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Mooncake, Kue Bulan Tradisi Negeri Tirai Bambu Saat Musim Gugur

Sabtu, 03 Oktober 2020 12:15 by bonita99 | 786 hits
Mengenal Mooncake, Kue Bulan Tradisi Negeri Tirai Bambu Saat Musim Gugur
Image source: CGTN.com

DREAMERS.ID - Saat perayaan menyambut musim gugur, Tiongkok punya tradisi menyajikan kue bulan bahkan dijadikan festival bernama Mooncake Festival. Tahun ini festival pertengahan musim gugur jatuh pada 1 Oktober.

Melansir CNN Indonesia, festival ini menjadi salah satu acara penting di China yang dirayakan dengan membuat dan makan kue bulan. Mooncake mulanya sajian khusus pada pertengahan musim gugur sebagai penghormatan dan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen.

Kue ini berbentuk bulat yang diisi dengan kacang merah yang sudah dihaluskan atau biji teratai. Jika dipotong bagian dalam kue ini terdapat ukiran khas huruf China serta berisi satu atau lebih kuning telur yang melambangkan bulan purnama.

Untuk kulit kue bulan menyerupai kulit pai, kenyal, dan empuk. Bagian atas kulit terukir karakter Tionghoa sebagai harapan untuk umur panjang atau harmoni. Sejumlah bunga dan tanaman juga jadi hiasan di bagian kulit kue bulan.

Banyak varian mooncake yang terkenal seperti Gaya Beijing, Gaya Suzhou, Gaya Guangzhou. Untuk yang populer saat ini adalah kue bulan snowskin yang berasal dari Hong Kong terbuat dari beras ketan. Kue ini disajikan dingin dan lembut seperti salju. Isian kue bulan snowskin juga lebih modern seperti teh hijau, selai, dan sebagainya.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)