home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Kematian Dini Akibat Tidur Kurang Dari 8 Jam

Jumat, 02 Oktober 2020 16:01 by bonita99 | 835 hits
Waspada Kematian Dini Akibat Tidur Kurang Dari 8 Jam
Image source: genPI.com

DREAMERS.ID - Tidur nyenyak di malam hari setelah beraktivitas seharian tentu akan membuat tubuh lebih segar keesokan harinya. Namun, tidak semua orang bisa tidur lelap bahkan telah melewati hari yang melelahkan, akibatnya mengalami kurang tidur.

Melansir OkezoneJournal of American College of Cardiology menyebutkan jika kurang tidur dari enam jam dalam semalam mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, dan peningkatan risiko kematian dini dibandingkan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam.

Peneliti di Centro Nacional de Investigaciones Cardiovasculares Carlos III (CNIC), José M. Ordovás, PhD, mengatakan, “Tetapi penelitian ini menekankan bahwa kami harus memasukkan tidur sebagai salah satu senjata yang kami gunakan untuk memerangi penyakit jantung, terlebih lagi tidur merupakan kegiatan yang kita lakukan setiap hari."

Baca juga: Selain Kurang Tidur, Inilah 5 Penyebab Lain Munculnya Lingkar Hitam di Mata

Kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko aterosklerosis atau penumpukan plak di arteri seluruh tubuh. Penelitian pun dilakukan kepada 3.974 karyawan bank di Spanyol dari PESA CNIC-Santander Study dengan mengenakan actigraph, perangkat kecil yang terus-menerus mengukur aktivitas atau gerakan, selama tujuh hari untuk mengukur kualitas tidur mereka.

Hasilnya, selain risiko penyakit jantung, 27 persen peserta yang tidur kurang dari enam jam kemungkinan akan mengalami aterosklerosis di seluruh tubuh dibandingkan orang yang tidur tujuh hingga delapan jam. Kualitas tidur ditentukan oleh seberapa sering seseorang terbangun pada malam hari, dan frekuensi gerakan selama tidur yang mencerminkan fase tidur.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)