home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Picu Penyakit Jantung

Jumat, 28 Agustus 2020 17:15 by bonita99 | 582 hits
Tidur Siang Terlalu Lama Bisa Picu Penyakit Jantung
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Tidur siang memang sangat bermanfaat bagi tubuh, untuk mengisi kembali daya tubuh yang lelah setelah beraktifitas. Serta dapat meningkatkan kembali performa kerja dan mengembalikan fokus. Namun, tidur siang terlalu lama juga tidak baik bagi tubuh.

Melansir Kompas, para peneliti dari Guangzhou Medical University di China, membagi hasil penelitian yang mengatakan tidur siang lebih dari satu jam bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan kematian dini, dalam pertemuan European Society of Cardiology.

Kesimpulan ini dikatakan, setelah peneliti mengamati 20 penelitian terkait tidur siang, penyakit jantung, dan risiko kematian. Serta mepelajari data dari 313.651 orang yang 39 persen di antaranya tidur siang secara teratur.

Tidur siang sekitar 60 menit atau lebih, memiliki risiko kematian tertinggi, kemungkinan 30 persen mengalami kematian dini, dan 34 persen terkena penyakit jantung, jika dibandingkan orang yang sama sekali tidak tidur siang.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Aturan Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan

Peneliti mengatakan, hal ini juga disebabkan oleh partisipan yang memanfaatkan tidur siang sebagai pengganti tidur di malam hari. Temuan ini diambil berdasarkan penelitian yang menunjukkan tidur siang dalam waktu lama bisa menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, serta diabetes.

Serta ada beberapa faktor seperti gaya hidup, usia, atau kondisi kesehatan mendasar pada partisipan yang dapat memengaruhi hasil penelitian ini. Sehingga, para peneliti tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah ada kaitan langsung antara tidur siang dan penyakit jantung, serta risiko kematian.

Sebelumnya, penelitian pada Desember 2016 menyebutkan bahwa tidur siang antara 30-60 menit meningkatkan konsentrasi dan pembentukan memori pada orang berusia 65 tahun ke atas. Tetapi, tidur siang lebih lama memiliki efek sebaliknya, yakni menurunkan kemampuan kognitif.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Tidak hanya populer karena budaya K Pop dan drama saja, namun Korea Selatan juga terkenal akan tempat tempat wisata yang wajib banget dikunjungi. Namun, jangan khawatir soal transportasi karena sudah banyak kendaraan umum yang dapat membawamu ke tempat populer di Negeri Gingseng ini....
  • HOT !
    Lisa BLACKPINK dikenal dengan idola yang selalu tampil stylish dengan ciri khas swag, seperti pada pemotretan untuk Harper’s BAZAAR. Ia memberikan tips bagaimana memadukan satu jaket untuk lima gaya....
  • HOT !
    Popularitas Jung Ho Yeon yang semakin mendunia tidak hanya membuatnya dikenal sebagai model tetapi juga aktris papan atas. Ia pun baru saja didapuk sebagai global ambassador Louis Vuitton....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)