home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kerontokan Pada Rambut Jadi Salah Satu Tanda Terinfeksi Covid-19?

Rabu, 05 Agustus 2020 14:45 by Rie127 | 916 hits
Kerontokan Pada Rambut Jadi Salah Satu Tanda Terinfeksi Covid-19?
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Virus corona saat ini masih menjadi perhatian masyarakat di seluruh dunia. Para ahli juga terus meneliti perkembangan serta tanda-tanda terinfeksi virus yang mulai menyebar dari Wuhan, Tiongkok sejak awal tahun 2020 ini.

Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa pasien covid-19 ternyata mengalami kerontokan pada rambut. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat) memang tidak mencantumkan kerontokan rambut sebagai gejala Covid-19. Namun, beberapa dokter menemukan kondisi yang sama pada pasien covid-19.

“Ini [rambut rontok] cenderung terjadi pada orang-orang dengan gejala cukup parah,” ujar seorang dokter yang turut mengatasi pasien Covid-19 di Amerika Serikat, Nate Favini, dikutip dari CNN Indonesia.

Favini mengatakan bahwa pasien Covid-19 memiliki risiko mengalami telogen effluvium, atau kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan rontok kira-kira selama tiga bulan setelah mengalami peristiwa traumatis.

Baca juga: Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?

Rambut rontok sebenarnya merupakan hal umum yang dihadapi oleh banyak orang. Namun, jika rata-rata orang sehat kehilangan sekitar 100 helai rambut per hari, orang dengan telogen effluvium akan kehilangan tiga kali lipatnya.

“Ketika tubuh berada dalam situasi yang sangat menegangkan, energi bisa beralih dari menumbuhkan rambut ke hal-hal lain yang lebih penting,” tambah Favini.

Hal ini juga disetujui oleh pakar penyakit menular dari Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A Adalja, ia mengungkapkan, “Setelah mengalami tekanan fisiologis, ada kondisi yang berdampak pada siklus pertumbuhan folikel rambut.” ujar Adalja, dikutip Health.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai macam varian vaksin sudah banyak digunakan di Indonesia. Jenis vaksin Corona yang paling umum digunakan di Indonesia adalah Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca. Baik Sinovac, Sinopharm maupun AstraZeneca, sama sama menggunakan virus yang telah dimatikan dengan proses kimiawi....
  • HOT !
    Saat ini masyarakat di seluruh dunia sedang dihebohkan dengan pertandingan para atlet di ‘Olimpiade Tokyo 2020’ yang telah berlangsung sejak 23 Juli lalu. Mereka pun turut menyemangati lewat media sosial....
  • HOT !
    Pengaruh BTS dalam mendorong angka penjualan produk sekali lagi dibuktikan dengan kolaborasinya bersama McDonald’s. Dilaporkan bahwa restoran cepat saji yang populer tersebut mengalami peningkatan pendapatan yang mengesankan pada kuartal terbaru....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)