home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sampai Mubasir, Ini Cara Minum Madu yang Tepat

Rabu, 08 Juli 2020 07:15 by Rie127 | 7988 hits
Jangan Sampai Mubasir, Ini Cara Minum Madu yang Tepat
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Madu merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Madu biasanya dijadikan sebagai pemanis pengganti. Namun, tetap saja madu tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena mengandung gula yang tinggi.

Madu diklaim dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan, mencegah asam lambung, menghindari infeksi, menjaga sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, dan banyak lainnya.

Namun, madu juga harus dikonsumsi dengan cara yang tepat agar berkhasiat. Dilansir dari CNN, berikut ini adalah aturan mengonsumsi madu agar bermanfaat bagi kesehatan.

1. Madu Terbaik

Pilih-lah madu terbaik yakni madu murni, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan gula. Madu murni adalah madu yang dihasilkan secara langsung dari lebah baik, biasanya lebah ini diambil dari hutan ataupun diternak, tanpa dicampurkan bahan lain.

Madu murni memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun, saat sudah dicampurkan dengan gula atau bahan lain, khasiat madu akan berkurang.

Baca juga: Benarkah Madu dan Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Jerawat?

2. Takaran

Dikutip dari Dabur Honey, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 50 gram madu setiap hari dengan air hangat di pagi hari. Takaran ini membantu membersihkan sistem pencernaan dan menyediakan energi di pagi hari.

Untuk ditambahkan ke makanan sebagai pengganti gula, cukup tuangkan 1 sdm madu. Menurut USDA, 1 sdm madu mengandung 64 kalori dan 17,3 gram gula. Kementerian Kesehatan juga merekomendasikan untuk mengonsumsi gula 10 persen dari total energi atau sekitar 200 kkal setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari.

3. Waktu Mengonsumsi Madu

Ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi madu di pagi hari, atau saat perut masih kosong karena dapat membantu pencernaan dan juga memberikan energi. Sementara itu, konsumsi madu di malam hari dapat membantu tidur nyenyak, membuat tubuh rileks, dan menjaga sistem pencernaan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)