home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dijual Bebas, Obat Anti Virus Corona Harus Tetap Berdasarkan Resep Dokter

Senin, 22 Juni 2020 12:15 by Rie127 | 1788 hits
Dijual Bebas, Obat Anti Virus Corona Harus Tetap Berdasarkan Resep Dokter
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Beberapa saat belakangan ini, obat Dexamethasone menjadi perbincangan. Hal ini dikarenakan sebuah studi dari Inggris menemukan salah satu manfaat dari obat tersebut untuk menekan risiko kematian pasien penderita covid-19 yang sedang dalam masa kritis.

Walaupun termasuk obat yang dijual secara bebas, para dokter mengimbau penggunaan Dexamethasone tidak boleh sembaranagn. Bahkan Abraham Andi Padlan Patarai selaku Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) menegaskan bahwa penggunaan obat ini sebaiknya dilakukan berdasar resep dokter.

“Dexamethasone itu yang sering kami pakai untuk antiinflamasi, itu untuk peradangan. Dari dulu dipakai hanya untuk meng-combine obat dalam rangka anti-radang”, tutur dokter Bram dikutip dari CNNIndonesia.com.

Baca juga: Karena Vaksin Tidak Cukup, Tetap Lakukan Ini Agar Hentikan Penularan Virus COVID-19

Ia kemudian melanjutkan, “Kan harus berdasarkan indikasi [dari dokter] untuk apa dia minum obat itu. Kan kadang-kadang dikombinasikan dengan obat alergi--ketika menimbulkan radang. Banyak yang salah paham, ketika gatal-gatal terus minum dexamethasone”.

Selain itu, Erlang Samoedro selaku Sekretaris Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI) mengatakan bahwa Dexamethasone dalam kasus penanganan Covid-19 digunakan sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan dengan dosis yang beragam. Itu sebabnya penentuan dosis pun harus mengikuti arahan dokter dan bergantung pada indikasi masing-masing pasien.

Erlang juga menjelaskan bahwa Dexamethasone bukan obat yang dapat menghilangkan atau menghambat pertumbuhan virus. Menurut Erlang, obat steroid ini merupakan obat tambahan yang bekerja untuk sistem imun tubuh.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Vaksin booster sudah direncanakan oleh sejumlah negara, khususnya akan diberikan kepada tenaga medis. Namun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menekankan suntikan booster vaksin Covid 19 sebaiknya ditunda, setidaknya sampai akhir September mendatang....
  • HOT !
    Gigit medali menjadi salah satu pose ikonik saat seorang atlet meraih medali. Tidak hanya di Olimpiade, di ajang lainnya yang berkaitan dengan medali pun tetap dilakukan. Apa sebenarnya makna atau alasan dari menggigit medali?...
  • HOT !
    Demam hallyu wave atau budaya pop asal Korea Selatan terus merambah di segala penjuru dunia terutama di kalangan anak muda. Salah satu agenda yang wajib para pencinta K Pop kunjungi saat ke sana yaitu tempat makan favorit idol....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : madumagastrolforte
Cast : magastrol forte

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)