home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bunuh Diri Dapat Menular, Benarkah?

Selasa, 26 November 2019 21:30 by Rie127 | 702 hits
Bunuh Diri Dapat Menular, Benarkah?
Image Source: medaninside

DREAMERS.ID - Akhir-akhir ini berita duka dari industri musik Korea Selatan memang menjadi hal yang menarik perhatian publik, seperti pada kasus Sulli dan Goo Hara yang meninggal dunia dengan pilihannya sendiri.

Banyaknya pemberitaan tentang kasus bunuh diri yang kerap terjadi, bahkan di lingkungan sekitar membuat beberapa orang mempertanyakan, apakah memang benar bahwa bunuh diri merupakan sesuatu yang dapat menular.

Pendiri komunitas Into The Light Indonesia yang menjadi pusat advikasi, kajian, dan edukasi pencegahan bunih diri dan kesehatan jiwa di Indonesia, Benny Prawira mengungkapkan bahwa penularan yang dimaksud memiliki arti lain, yaitu ‘bisa ditiiru’.

Benny juga mengatakan bahwa ada banyak faktor yang menjadi penyebab bunuh diri sehingga media tidak bisa mengasumsikan hanya pada satu penyebab saja yang membuat seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Baca juga: Angka Depresi Meningkat Sementara Bunuh Diri Menurun di Korea Selatan

Dilansir dari Time, berdasarkan studi di jurnal Society and Mental Health mengungkapkan bahwa pemberitaan tentang bunuh diri dapat menjadi contoh yang dapat ditiru. Namun, bila penulisan dalam berita tersebut edukatif, hal ini dapat mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, keberadaan sahabat, keluarga, dan orang yang dapat dipercaya juga dapat memiliki pengaruh bagi mereka yang memiliki masalah, hingga berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Dengan berada di dekat mereka, dan selalu memberikan dukungan dan semangat dan rasa nyaman, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan lebih berpikir positif dengan masalah yang sedang dihadapi, sehingga niatan untuk melakukan bunuh diri dapat hilang dengan sendirinya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)