home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam Agar Dapat Hasil Maksimal!

Senin, 26 Agustus 2019 15:45 by manachemvr | 577 hits
Pahami Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam Agar Dapat Hasil Maksimal!
Image source: Klik Dokter

DREAMERS.ID - Jika kamu memiliki jadwal kegiatan yang padat tapi tetap ingin menurunkan berat badan, mungkin agak susah untuk mencari waktu berolahraga. Akibatnya, banyak orang lebih memilih waktu olahraga di malam hari.

Tetapi menurut penelitian, malam hari bukanlah waktu yang cocok untuk berolahraga dengan tujuan menurunkan atau mengontrol berat badan. Hasil penelitian yang telah teruji menunjukan jika memiliki tujuan menurunkan atau menjaga berat badan, olahraga lebih baik dilakukan pada pagi hari.

Hal ini disebabkan oleh aktivitas fisik di pagi hari dapat mengaktifkan gen tertentu dalam sel otot, sehingga sistem metabolisme dalam tubuh dapat bekerja lebih baik. Selain itu, berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan kewaspadaan juga fungsi kognitif sehingga kita dapat menjadi lebih fokus untuk beraktifitas seharian.

Baca juga: 5 Manfaat Positif dari Melakukan 'Digital Detox', Apa Itu?

Berbeda dengan olahraga pagi hari, olahraga di malam hari cocok untuk kamu yang memiliki tujuan untuk meningkatkan performa atau membentuk masa otot tubuh. Peneliti dari Weizmann Institute of Science, Gad Asher menjelaskan:

"Kinerja fisik manusia lebih baik di malam hari karena tubuh menggunakan lebih sedikit oksigen atau lebih sedikit energi,” dikutip dari CNN Indonesia.

Selain itu, olahraga di malam hari dapat memberikan energi lebih untuk tubuh, juga dapat meningkatkan kewaspadaan. Maka dari itu lebih baik olahraga malam hari dilakukan kurang lebih 2 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu waktu tidur.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)