home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Temuan Terbaru Efek Panjang Pemakaian Gadget Bisa Timbul Tanduk?

Minggu, 07 Juli 2019 10:00 by reinasoebisono | 1852 hits
Temuan Terbaru Efek Panjang Pemakaian Gadget Bisa Timbul Tanduk?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Sudah banyak informasi atau pun artikel dan penelitian yang menghubungkan pemakaian ponsel dengan berbagai resiko kesehatan. Kini ada riset ilmiah baru yang memberi bukti tambahan jika pemakaian gadget terlalu lama atau kecanduan bisa menumbuhkan ‘tanduk’.

Namun tentu bukan tanduk seperti di binatang-binatang, tapi pertumbuhan tengkorak yang tidak normal. Sementara riset terdahulu telah membuktikan penggunaan ponsel berlebihan meningkatkan resiko kanker hingga merusak kedekatan dengan pasangan atau keluarga.

Riset terbaru ini sendiri dilakukan oleh peneliti dari University of The Sunshine Coast di Queensland, Australia. Menggunakan pemeriksaan sinar-x, peneliti menemukan orang di rentang usia 18-30 tahun memiliki benjolan tulang yang menyerupai tanduk di belakang tulang tengkorak mereka.

Benjolan-benjolan ini adalah entesofit, pertumbuhan abnormal yang ditemukan pada titik perlekatan tendon atau ligament. Biasanya entesofit berkembang perlahan dalam periode waktu yang lama.

Baca juga: Begini Cara Korea Selatan Atasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Karena itu lah peneliti terkejut melihat hal ini ditemukan pada orang yang tebilang berusia muda. Meski belum dijelaskan terperinci, peneliti yakin penyebabnya terkait dengan teknologi modern, seperti ponsel.

Menurut salah satu peneliti, David Shahar, peningkatan beban berkelanjutan pada perlekatan otot itu disebabkan oleh beratnya kepala yang bergerak maju ketika penggunaan teknologi modern untuk jangka waktu yang lama.

"Menggerakkan kepala ke depan membuat perpindahan berat kepala dari tulang belakang ke otot-otot di belakang leher dan kepala," ucap dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)