home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Temuan Terbaru Efek Panjang Pemakaian Gadget Bisa Timbul Tanduk?

Minggu, 07 Juli 2019 10:00 by reinasoebisono | 1930 hits
Temuan Terbaru Efek Panjang Pemakaian Gadget Bisa Timbul Tanduk?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Sudah banyak informasi atau pun artikel dan penelitian yang menghubungkan pemakaian ponsel dengan berbagai resiko kesehatan. Kini ada riset ilmiah baru yang memberi bukti tambahan jika pemakaian gadget terlalu lama atau kecanduan bisa menumbuhkan ‘tanduk’.

Namun tentu bukan tanduk seperti di binatang-binatang, tapi pertumbuhan tengkorak yang tidak normal. Sementara riset terdahulu telah membuktikan penggunaan ponsel berlebihan meningkatkan resiko kanker hingga merusak kedekatan dengan pasangan atau keluarga.

Riset terbaru ini sendiri dilakukan oleh peneliti dari University of The Sunshine Coast di Queensland, Australia. Menggunakan pemeriksaan sinar-x, peneliti menemukan orang di rentang usia 18-30 tahun memiliki benjolan tulang yang menyerupai tanduk di belakang tulang tengkorak mereka.

Benjolan-benjolan ini adalah entesofit, pertumbuhan abnormal yang ditemukan pada titik perlekatan tendon atau ligament. Biasanya entesofit berkembang perlahan dalam periode waktu yang lama.

Baca juga: Begini Cara Korea Selatan Atasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Karena itu lah peneliti terkejut melihat hal ini ditemukan pada orang yang tebilang berusia muda. Meski belum dijelaskan terperinci, peneliti yakin penyebabnya terkait dengan teknologi modern, seperti ponsel.

Menurut salah satu peneliti, David Shahar, peningkatan beban berkelanjutan pada perlekatan otot itu disebabkan oleh beratnya kepala yang bergerak maju ketika penggunaan teknologi modern untuk jangka waktu yang lama.

"Menggerakkan kepala ke depan membuat perpindahan berat kepala dari tulang belakang ke otot-otot di belakang leher dan kepala," ucap dia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)