home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati Gunakan Internet dan Media Sosial, Jejak Digital Ibarat 'Pisau Bermata Dua'

Selasa, 19 Februari 2019 10:45 by fzhchyn | 18211 hits
Hati-hati Gunakan Internet dan Media Sosial, Jejak Digital Ibarat 'Pisau Bermata Dua'
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jejak digital tengah menjadi bahan perbincangan yang hangat di kalangan netizen dalam beberapa waktu belakangan. Rekam jejak seseorang saat menggunakan internet atau melalui unggahan di media sosial hingga riwayat penelusuran (history) di web bahkan bisa menjadi ‘pisau bermata dua’.

Pengamat teknologi informatika Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan bahwa jejak digital seseorang akan bertambah banyak jika ia aktif menggunakan internet. Perbedaan karakter komunikasi digital dan komunikasi sehari-hari membuat jejak digital tercatat sangat mendetail.

"Komunikasi digital tercatat sangat detail dan sekali suatu hal tampil di internet, maka 'dapat dikatakan' itu akan ada di internet selamanya," jelas Alfons, mengutip CNN Indonesia, Jumat (8/2).

Di satu sisi, jejak digital bisa memberikan pengaruh positif dengan catatan aktivitas yang teliti dan mendetail. Bahkan ketika pemilik sudah menghapusnya, konten yang pernah diunggah melalui media sosial atau situs internet akan tetap ada.

Disamping bisa memberikan efek positif, jejak digital juga bisa membawa pengaruh negatif lantaran bisa diambil dan diedit hingga bebas dimanipulasi oleh pengguna internet lainnya. "Secara teknis aktivitas digital seperti di medsos itu sekali kita unggah hanya muncul di server pengelola medsos. Tapi sekali muncul dan dilihat orang, itu artinya sudah tersebar ke seluruh dunia," imbuhnya.

Lebih lanjut Alfons menegaskan jika secara teknis semua konten yang pernah diunggah ke jagat internet tidak bisa dihapus. Bahkan kalaupun bisa dan operator berkenan menghapus satu konten, namun pemilik konten tidak bisa mengontrol komputer di luar server operator yang hampir tidak mungkin dihapus.

"Sebagai gambaran, kalau seseorang menampilkan gambar seronok dirinya di medsos dan kemudian dia berubah pikiran untuk menarik gambar tersebut. Gambar tersebut bisa di tarik dari akunnya saja, tetapi di komputer lain yang sudah tampil gambar tersebut akan tersimpan dan tidak ada akses untuk menghapus gambar tersebut," jelasnya.

Untuk itu ia mengimbau pengguna internet untuk berhati-hati menampilkan sesuai di media sosial dan internet. Mengingat konten apapun akan selalu ada dan tercatat tanpa bisa dihapus begitu saja. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masih di peragaan rumah mode Schiaparelli di Le Petit Palais yang mengawali Paris Fashion Week Haute Couture Spring Summer 2023 pada Senin (23/1/2023). Kylie Jenner mengundang perhatian....
  • HOT !
    J Hope dan Jimin BTS telah terbang ke Prancis untuk menghadiri Paris Fashion Week 2023. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kedua idola ini akan menyaksikan fashion show brand yang diwakili masing masing, Louis Vuitton dan Dior....
  • HOT !
    Jaehyun NCT mengambil langkah baru selain menjadi global brand ambassador Prada. Ia didapuk untuk menjadi model kampanye global koleksi terbaru merek mewah asal Italia tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)