home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hasil Lebih Kece, Simak Tips dan Trik Mengambil Foto Saat Malam Hari

Sabtu, 09 Februari 2019 18:30 by fzhchyn | 6395 hits
Hasil Lebih Kece, Simak Tips dan Trik Mengambil Foto Saat Malam Hari
Image source: Oppo

DREAMERS.ID - Mengambil foto di malam hari memang memiliki tantangan tersendiri, apalagi jika hanya mengandalkan smartphone. Hal ini biasanya dikarenakan minimnya cahaya sehingga hasil foto menjadi kurang bagus.

Namun bukan berarti kamu tak bisa mengakalinya. Berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu lakukan saat mengambil foto dengan smartphone di malam hari agar menghasilkan jepretan yang tak kalah bagusnya dengan kamera profesional.

1. Mode Manual

Modus otomatis pada kamera smartphone memungkinkan pengguna mengambil foto dengan cepat sehingga mampu menangkap momen dadakan dalam sekejap. Sayangnya modus otomatis tidak cocok untuk memotret di malam hari. Karena itulah kamu perlu menggunakan mode manual untuk mengatur pengaturan sesuai kondisi sekitar.

2. Konfigurasi

Konfigurasi ini bisa dilakukan dalam mode manual. Atur shutter speed yang lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Sementara untuk aperture disesuaikan dengan shutter speed. Selanjutnya adalah ISO yang berfungsi untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan.

Singkatnya, ISO redah cocok digunakan pada kondisi terang, sementara ISO tinggi cocok digunakan pada malam hari. Jika Jika smartphone-mu tidak memungkinkan untuk menyesuaikan sensitivitas ISO secara manual, ada beberapa aplikasi lain yang dapat digunakan. Misalnya, Kamera FV-5 Lite (Android) atau Pro Camera (Apple), yang menawarkan banyak opsi pengaturan.

Baca juga: Harga 5 Juta, Apa Saja Keunggulan Oppo Reno5?

3. Modus Malam

Night Mode merupakan modus yang ada di hampir semua kamera smartphone. Dengan fitur ini, hasil foto akan lebih baik dan terang. Namun untuk memakainya, pastikan gambar yang dipotret tidak bergerak agar tidak blur. Namun yang pasti, setiap ponsel memiliki fitur mode malam yang berbeda serta memiliki hasil yang berbeda pula.

4. Pakai Tripod dan Timer

Nah agar hasil foto tidak blur, kamu bisa memanfaatkan tripod dan mengatur timer. Hal ini karena memotret malam hari cahayanya lebih sedikit sehingga kamu butuh shutter lambat untuk menangkap cahaya yang jauh lebih banyak.

Beberapa smartphone saat ini memang sudah memiliki sensor kamera yang bagus, salah satunya adalah Oppo R17 Pro. Perangkat ini memiliki keunggulan kamera utama yang dirancang untuk pemotretan di malam hari, sehingga pengguna tidak perlu pusing melakukan berbagai pengaturan seperti di atas.

Kamera Oppo R17 Pro dilengkapi AI Ultra-clear Engine, teknologi peningkatan kualitas gambar yang dapat menembus berbagai keterbatasan peranti keras, sehingga dapat memaksimalkan kualitas bidikan malam hari. Sony IMX 362, sensor kamera utama dengan besaran 12 Megapixel dan teknologi dual-pixel, yang memungkinkan fokus kamera terjadi lebih cepat dan akurat. Besaran sensor 1/2.55 serta 1.4 micron pixel mendukung foto malam hari yang lebih baik dan rendah noise.

Diafragma gandaF/1.5 dan F/2.4 yang dapat berubah secara otomatis untuk menyesuaikan momen pengambilan gambar dengan kondisi cahaya. Optical Image Stabilisation (OIS) yang dapat membuat pengambilan gambar lebih stabil. Lensa 7P yang dapat membuat gambar tampil lebih tajam untuk pemotretan malam hari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jika ke Korea Selatan tentunya tidak afdol jika penggemar K Pop tidak pergi ke tempat yang berhubungan dengan idol kesayangan, seperti agensi K Pop, restoran yang pernah dikunjungi idol, hingga kafe milik idol....
  • HOT !
    Belum lama ini, BTS merilis video special performance untuk ‘Butter’ di channel Youtube BANGTANTV. Sesuai dengan lagunya, konsep outfit para member masih memakai warna kuning yang mencolok dan colorfull....
  • HOT !
    Drama My Roommate is a Gumiho yang dibintangi Jang Ki Yong, Hyeri, Kim Do Wan dan Kang Ha Na mulai tayang sejak 26 Mei 2020. Drama ini menceritakan tentang gumiho yang sudah hidup selama 999 tahun tinggal bersama mahasiswi kelahiran 1999....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)