home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Naik Sepeda Motor Bisa Mengurangi Stress, Ini Bukti Ilmiahnya

Jumat, 25 Januari 2019 13:42 by bellaevania | 2408 hits
Ternyata Naik Sepeda Motor Bisa Mengurangi Stress, Ini Bukti Ilmiahnya
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sebagian orang menganggap berkendara menggunakan sepeda motor bisa menjadi aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran hingga menimbulkan stress saat perjalanan. Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

Melansir Rideapart melalui Liputan6, Harley Davidson yang bekerja sama dengan perusahaan Milwaukee serta Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang manfaat fisik berkendara.

Penelitian ini dilakukan kepada 50 pengendara. Semua pengendara terhubung dengan mobile electroencephalogram (EEG). Alat semacam shower cap ini ditutupi dengan elektroda yang bisa mendeteksi aktivitas otak.

Pemantauan aktivitas otak dengan teknologi EEG tadi dilakukan sebelum perjalanan, saat berkendara, dan saat beristirahat untuk melihat perbandingan efeknya terhadap otak.

Hasilnya, dengan 50 sampel pengendara, perjalanan dengan mengendarai sepeda motor bisa menurunkan stres partisipan sekitar 28 persen. Hanya saja detak jantung meningkat menjadi 11 persen dan tingkat adrenalin naik 27 persen dalam 20 menit berkendara. Tingkat fokus dan kewaspadaan partisipan juga ikut meningkat.

Kegiatan mengendarai sepeda motor patut dicoba untuk menghilangkan stress. Sebagai saran, pilih lah rute-rute perjalanan yang menyenangkan dan memiliki panorama indah. Saat berkendara jangan lupakan keselamatan seperti helm dan jaket serta surat-surat penting kendaraan.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)