home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Minum Teh Saat Makan Daging Merah, Apa Alasannya?

Sabtu, 25 Agustus 2018 14:55 by sherleyyy | 2099 hits
Jangan Minum Teh Saat Makan Daging Merah, Apa Alasannya?
Image source: travel.tribunnews.com

DREAMERS.ID - Jika sedang makan siang di luar, kurang lengkap rasanya kalau tidak minum es teh manis atau teh tawar. Hal tersebut karena, minuman tersebut sudah menjadi pasangan yang pas ketika makan siang.

Namun, ada baiknya kalian yang sehabis mengkonumsi olahan daging seperti sate atau steak, menghindari terlebih dahulu minum es teh manis atau tawar. Karena  di dalam teh terdapat kandungan senyawa alami tanin yang dapat menghambat penyerapan kandungan zat besi dari dalam daging.

"Tidak dilarang, tapi tidak disarankan untuk minum teh saat makan daging merah misalnya daging sapi atau kambing," kata Ika Setyani, ahli gizi dari MRCCC Siloam Semanggi dilansir dari CNNIndonesia.

Memang tidak dimungkiri bahwa daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Karena di dalam 100 gram daging mengandung 6 persenzat besi.

Hanya saja, jika mengkonsumsi teh saat sedang menyantap daging maka asupan zat besi dari daging tidak akan terserap 100 persen.

Baca juga: Ini Resep Teh Hijau Dingin ala Renjun NCT, Enak Banget

“Memang efeknya tak akan langsung terasa saat itu, tapi lebih ke penyerapan zat besi. Misalnya Fe (zat besi) yang harusnya diserap tubuh 100 persen, tapi karena minum teh yang mengandung tanin maka penyerapannya tak akan penuh 100 persen,” ucapnya.

Senyawa tanin dalam teh sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan. Antara lain untuk antidiare, antibakteri, sampai antioksidan. Hanya saja, ketika bertemu dengan zat besi dalam daging di dalam tubuh, tanin juga memiliki sifat untuk mengikat dan menghambat (inhibitor) penyerapan zat besi.

Ikatan kompleks dari zat besi dan tanin yang tidak larut di sistem pencernaan tak akan befungsi lagi untuk tubuh dan akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk kotoran. Apalagi, jika kita kekurangan zat besi dalam jumlah tinggi maka akan berisiko anemia.

Ika juga mengatakan bahwa dibandingkan minum teh, disarankan untuk konsumsi minuman yang mengandung vitamin C misalnya jus jeruk, hal tersebut karena kandungan vitamin C membantu penyerapan zat besi jadi lebih cepat.

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Soju merupakan minuman alkohol khas Korea. Soju dapat ditemukan di mana mana, hampir di setiap toko, swalayan dan restoran di Korea dengan harga yang sangat terjangkau....
  • HOT !
    Seoul merupakan ibu kota Korea Selatan yang tentunya memiliki banyak tempat untuk dikunjungi. Jika kamu memiliki kesempatan datang ke Seoul, bisa kunjungi 4 tempat yang direkomendasikan oleh SEVENTEEN berikut ini:...
  • HOT !
    Tidak bisa dipungkiri, banyak aspek kehidupan yang dipengaruhi perkembangan budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Selain dari segi K pop dan K drama, K Beauty juga menjadi inspirasi sebagian wanita Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)