home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Digunakan Sebagai Pelengkap Saat Makan, Mayones Sebenarnya Tidak Baik Untuk Dikonsumsi?

Kamis, 23 Agustus 2018 12:47 by sherleyyy | 1358 hits
Sering Digunakan Sebagai Pelengkap Saat Makan, Mayones Sebenarnya Tidak Baik Untuk Dikonsumsi?
Image source: Brilio

DREAMERS.ID - Saat ini siapa yang tidak mengenal saus pelengkap untuk makanan yang digoreng ini? Bukan saus tomat, saus sambal, atau saus barbekyu namun mayones. Mayones menjadi salah satu bumbu yang paling populer di dunia saat ini.

Siapa pun bahkan bisa menemukan mayones di warung-warung kecil disekitar rumah. Saking populernya, banyak orang bertanya apakah saus pelengkap ini baik untuk kesehatan?

Sebelum membahas mengenai baik atau tidaknya mayones untuk kesehatan, ada baiknya kita mengetahui proses pembuatan dan apa saja yang terkandung dalam mayones.

Mayones sendiri merupakan saus kental yang terdiri dari minyak yang dikombinasikan dengan kuning telur, lemon atau cuka, garam dan sedikit mustard. Dan satu cup mayones mengandung sekitar 1440 kalori, 24 gram lemak jenuh dan 160 gram lemak.

Dan 100 gram mayones mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Mayones sendiri mengandung vitamin E dan K yang baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Lalu, mayones sendiri terbagi menjadi beberapa jenis.

Ada mayones yang dibuat tanpa telur, yaitu sayuran mayones. Bahannya hanya berupa gabungan antara mustard, air, gula, garam, lemon, cuka, minyak dan susu bubuk.

Lantas, apakah mayones itu baik untuk tubuh? Dilansir dari TribunTravel, pakar medis mengklaim bahwa mayonaise tidak sehat karena dapat menambah kalori dan lemak. Selain itu, saus pelengkap ini juga dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Selain itu, bagi mereka yang sedang diet juga menganggap bahwa mayones tidak sehat dikarenakan oleh lemak yang terkandung di dalamnya.

Faktanya, mayones dibuat dengan minyak cair, sehingga tidak semuanya terbuat dari lemak jenuh. Mayones dapat membantu dalam menyerap nutrisi lebih baik karena vitamin seperti A, D, E, dan K semuanya larut dalam lemak. Artinya, mereka membutuhkan lemak untuk diserap dengan benar. 

Tetapi, mengkonumsi mayones berlebihan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang mengarah ke penyakit arteri koroner. Selain itu, menurut University of Maryland Medical Center, terlalu banyak natrium juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Jika kalian merasa kalori bukanlah masalah bagi kesehatan, nikamti makan mayones setiap hari tetapi dalam jumlah yang sedang. Kalian harus memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi dan kebutuhan aktivitas sehari-hari supaya tetap seimbang.

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)