home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Deretan Jajanan 90an Ini Cocok Untuk Temani Rayakan 17 Agustus!

Jumat, 10 Agustus 2018 14:47 by noudi0501 | 3994 hits
Deretan Jajanan 90an Ini Cocok Untuk Temani Rayakan 17 Agustus!
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Sebentar lagi, saat nya rakyat Indonesia merayakan hari besar negara kita yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Nah, pada saat perayaan 17 Agustus ini, biasanya akan diisi oleh berbagai macam lomba dan festival lainnya.

Lomba-lomba ini yang diadakan biasanya berkaitan dengan semangat perjuangan juga gotong royong, sama seperti waktu dulu saat para pahlawan kita mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Indonesia ini.

Kalau untuk urusan kuliner atau jajanan nya, sudah pasti yang berbau Indonesia! Berikut ini ada beberapa jajanan yang terkenal tahun 90an, bahkan masih sampai sekarang.

Es Gabus


Image source: IDN Times

Bagi anak-anak yang lahir di era tahun 90an pasti mengenal jenis es yang satu ini. Sesuai dengan namanya, es ini memiliki tekstur seperti gabus ketika dimakan. Namun rasanya manis dan membuat ketagihan. Apalagi kalau siang hari saat matahari sedang panas-panasnya, jajanan ini akan terasa makin nikmat dan segar.

Rambut Nenek


Image source: IDN Times

Kalau jajanan yang satu ini, memang dari namanya agak terdengar aneh ya.. Tapi tenang aja, rambut nenek atau ada yang menyebutnya arum manis termasuk jajanan yang enak dan digemari banyak kalangan.

Disebut rambut nenek karena bentuknya menyerupai rambut dan berwarna putih seperti nenek-nenek. Rasanya manis dan terkadang diapit oleh opak bundar agar mudah saat memakannya.

Leker

Siapa yang tidak mengenal Leker? Leker adalah kue zaman dulu yang mirip dengan crepe. Tetapi bedanya, kue ini berisi pisang, taburan gula ataupun meses coklat. Pada jaman sekarang ini Leker banyak dikombinasikan dengan rasa atau topping yang lain.

Baca juga: 7 Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih, Jaya di Darat Laut dan Udara

Mulai dari stawberry, blueberry, keju, bahkan sampai isi daging asap sehingga dibuat seperti pizza. Kue Leker enak dinikmati selagi masih panas karena teksturnya yang renyah!


Image source: IDN Times

Kue Rangin atau Pancong

Kue Rangin atau kue pancong adalah makanan yang terbuat dari campuran kelapa, santan dan tepung beras lalu dicetak ke dalam cetakan yang mirip dengan cetakan pukis. 


Image source: IDN Times

Untuk memberikan rasa manis, biasanya diberi gula diatasnya. Sama seperti Leker, sekarang ini kue rangin atau pancong ikut dimodifikasi dengan tambahan berbagai topping lain yang bisa dipilih sesuai selera.

Telur Gulung


Image source: IDN Times

Jajanan yang satu ini sepertinya tetap menjadi favorit! Tidak hanya anak SD saja, tetapi juga kalangan remaja. Sekarang ada berbagai varian telur gulung. Ada telur gulung mozzarella, telur gulung sosis, cilor, telur gulung mie dan masih banyak lagi.

Padahal dulu, telor gulung hanyalah telor yang digulung di sebatang lidi kemudian diberi saus. Harganya pun masih sangat murah saat itu, sekitar 500 rupiah. Kalau sekarang sepertinya satu telur gulung bisa kisaran 1000 rupiah.

Mie Lidi


Image source: IDN Times

Yang terakhir ada mie lidi. Mie berbentuk lidi yang rasanya ada asin dan pedas. Mie ini sekarang dipopulerkan lagi dengan berbagai varian rasa. Selain itu, kemasan yang digunakan pun lebih bagus daripada di jaman dulu. Tapi, masih ada juga beberapa penjual mie lidi yang mengemasnya seperti dulu menggunakan plastik bening.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)