home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Instagram Diam-diam Siapkan Aplikasi Versi 'Lite' untuk Koneksi Internet Lambat

Jumat, 29 Juni 2018 07:10 by fzhchyn | 2312 hits
Instagram Diam-diam Siapkan Aplikasi Versi 'Lite' untuk Koneksi Internet Lambat
Image source: The Verge

DREAMERS.ID - Versi Lite atau ringan dari sebuah aplikasi memang tak bisa dinikmati fitur-fiturnya secara maksimal seperti aplikasi reguler. Namun versi ini sangat berguna jika memiliki jaringan internet yang lambat seperti di negara-negara berkembang.

Tampak mengerti bahwa pertumbuhan penggunanya akan berfokus di negara berkembang, Instagram pun diam-diam meluncurkan aplikasi Instagram Lite untuk pengguna Android. Aplikasi mini ini hanya berukuran 573 kilobytes atau sekitar 1/55 dari ukuran Instagram reguler.

Fitur yang tersedia juga sama seperti memberikan filter dan mengupload foto ke feed atau Stories, menonton Stories, dan menjelajahi tab Explore. Namun, versi Lite ini masih belum memiliki fitur upload video dan mengirimkan pesan langsung (DM) ke teman.

Baca juga: Jung Ho Yeon Resmi Jadi Aktris Korea dengan Followers Instagram Paling Banyak

Melansir TechCrunch, Instagram memastikan bahwa mereka sedang menguji Lite di Meksiko pada minggu ini. Tetapi Instagram tidak mengatakan apakah versi ini akan memiliki iklan atau tidak. "Kami sedang menguji versi baru Instagram for Android yang menggunakan lebih sedikit tempat di perangkat Anda, menggunakan lebih sedikit data, dan dapat dimulai lebih cepat," kata Instagram dalam keterangan resminya, mengutip Detik.

Adanya versi Lite ini akan mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh pengguna internet mobile di negara berkembang yang sering menggunakan perangkat yang sudah lawas dengan kapasitas penyimpanan kecil, koneksi internet yang lambat, atau tidak mampu untuk membeli paket internet yang besar. Pengguna juga tidak perlu untuk menghapus data atau aplikasi lain di smartphonenya untuk mengunduh Instagram.

Tren aplikasi mobile merilis versi Lite sedang meningkat belakangan ini. Facebook meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 dan versi tersebut memiliki 200 juta pengguna pada thaun 2017. Uber juga baru saja meluncurkan versi Lite aplikasinya di India pada awal bulan ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)