home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan

Senin, 19 Februari 2018 18:04 by fzhchyn | 1977 hits
Sering Mengetik Hingga Hal Lebih Serius Lainnya yang Bisa Sebabkan Kesemutan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Hampir semua orang rasanya pernah mengalami kesemutan. Mati rasa yang disertai dengan sensasi geli dan seperti ditusuk ini mungkin terkesan sepele dan bisa hilang dalam hitungan menit atau detik. Namun ternyata kesemutan ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius.

Menurut Stanley Lyadurai, MD, seorang asisten profesor kedokteran di Ohio University, mengatakan bahwa kesemutan sangat wajar terjadi. Namun, jika kesemutan sangat sering terjadi, kita disarankan untuk waspada dan memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa saja kesemutan disebabkan oleh beberapa hal yang erat kaitannya dengan kondisi tubuh secara keseluruhan, seperti dilansir laman Prevention berikut.

1. Saraf leher atau punggung yang terjepit

Kesemutan yang terjadi di leher, punggung dan kaki bisa saja terjadi karena adanya salah satu saraf leher atau punggung yang terjepit. Saraf terjepit ini sendiri bisa terjadi karena salah posisi tidur, salah posisi duduk atau karena cidera dan postur tubuh yang buruk.

2. Kekurangan vitamin

Penyebab kesemutan yang kedua adalah kekurangan vitamin dalam tubuh. Biasanya, tangan dan kaki yang mudah merasa kesemutan dikarenakan kekurangan vitamin B12. Tak hanya kesemutan, kekurangan vitamin ini juga memungkinkan seseorang mudah merasa lelah, lesu dan rentan terserang sakit. Jika kita mengalami kondisi ini, kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang kurang dengan perbanyak makan sayur dan buah.

3. Risiko diabetes

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh akibat diabetes lah yang dikatakan mampu memicu kesemutan pada tangan, kaki atau anggota tubuh lainnya. Stanlay Lyadurai mengatakan jika orang-orang yang mengalami diabetes sangat rentan terhadap masalah kesemutan. Jika kamu sering mengalami kesemutan, nggak ada salahnya buat memeriksakan kadar gula dalam darah dan memastikan kamu tengah berisiko diabetes atau tidak.

4. Sering mengetik

Stanlay Lyadurai mengatakan bahwa terlalu banyak mengetik atau gerakan tangan yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kesemutan. Biasanya, terlalu banyak mengetik dengan posisi tubuh yang kurang tepat rentan menyebabkan kesemutan di pergelangan tangan, leher dan bahu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Seorang pria berusia 55 tahun di Jawa Tengah diumumkan sebagai suspek pertama cacar monyet di Indonesia. Wabah cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat kesehatan global....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....
  • HOT !
    Tidak kalah dari skincare luar, skincare lokal juga terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk produk terbaik. Elsheskin sebagai salah satu produk skincare lokal yang dikenal sebagai pionir serum wajah, meluncurkan teknologi SkinssentialTM yang memperkuat efikasi dari seluruh produknya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)