home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Aman Bikin Password di Dunia Maya

Jumat, 08 Maret 2013 15:10 by miko | 2096 hits
Cara Aman Bikin Password di Dunia Maya
blog.politekniktelkom.ac.

Tak sedikit kejahatan di dunia maya di awali dengan keamanan password pengguna yang dibobol. Ancaman tersebut berawal dari penggunaan password akun email atau media sosial yang mudah diingat. Nah agar terhindar dari kejahatan cyber ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Dilansir dari Newsok, untuk menjaga keamanan informasi dan identitas di dunia maya, berikut cara membuat passwaord yang aman dan jauh dari jangkauan dari kejahatan cyber:

1. Buat password yang panjang
Umumnya beberapa situs merekomendasikan password minimum terdiri dari delapan karakter, tetapi jika memungkinkan sebaiknya password terdiri dari 14 hingga 25 karakter.

2.Gunakan kombinasi huruf dan angka
Kombinasi angka dan huruf dalam satu password merupakan salah satu cara terbaik. Kombinasi itu juga bisa disiasati dengan menggunakan huruf besar dan kecil yang dilengkapi dengan berbagai simbol seperti tanda ser. Contohnya, PaSsWoRD!43 lebih aman dibandingkan password43.

3. Hindari penggunaan kata-kata umum
Meskipun sudah menggunakan kombinasi simbol atau angka pada password, tapi beberapa program dapat meretas password melalui database kata-kata umum yang sudah tersimpan. Untuk mensiasatinya, kamu dapat menyelipkan angka-angka diantara huruf. Seperti misalnya, pas123swor456d. Atau cara lainnya yakni dengan membuat singkatan dari suatu kalimat seperti, kybkls singkatan dari kucingku yang bernama kitty lucu sekali.

Baca juga: Waspada, 10 Jenis Password Ini Paling Mudah Dibobol Hacker

4. Mengganti huruf dengan angka atau  sebaliknya
Misalkan menggunakan angka 0 sebagai pengganti huruf O, atau mengganti huruf S dengan simbol mata uang Dollar.

5. Hindari kata yang mudah ditebak
Jangan menggunakan password dengan nama atau angka yang sifatnya personal, seperti nama pasangan atau anak, tempat lahir, dan tanggal ulang tahun. Sebaliknya, kata atau angka yang mudah ditebak tersebut bisa diganti dengan angka kode pos atau berbagai informasi lain yang tidak mudah ditebak.

6. Gunakan password yang berbeda untuk semua akun
Hal ini untuk menghindari orang lain yang bisa dengan mudah mengakses akun-akun pengguna, terutama jika mereka mengetahui bahwa password yang sama juga digunakan untuk berbagai akun lainnya.

Jika takut lupa, maka bisa saja membalikkan password antara akun satu dengan akun lainnya. Contohnya, pada akun A, password kamu paSswoRd123 kemudian untuk akun lainnya diubah menjadi 12paSswRd3.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)