home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Aturan Tepat Menjalani Diet Keto yang Sedang Tren

Jumat, 15 September 2017 17:00 by fzhchyn | 3389 hits
Begini Aturan Tepat Menjalani Diet Keto yang Sedang Tren
Image source: Weight Training Guide

DREAMERS.ID - Semakin banyak saja kini jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yang saat ini tengah menjadi tren adalah diet ketogenik atau diet keto. Metode diet ini adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat namun menggantinya dengan asupan lemak yang lebih banyak.

Menurut spesialis gizi klinik Dr. Samuel Oetoro, diet keto awalnya diterapkan untuk penderita epilepsi. Karbohidrat dikurangi bagi penderita untuk mengurangi hantaran listrik di otak yang menyebabkan kejang-kejang.

Ketika karbohidrat dikurangi, hantaran listrik di otak menurun dan serangan kejang-kejang pun semakin jarang terjadi. Nah pembatasan karbohidrat inilah yang mulai dilirik jadi cara melangsingkan tubuh setelah terlihat ada penurunan berat badan pada orang-orang yang melakukan diet keto.

Asupan protein yang tinggi membuat keinginan makan turun, ini membuat orang-orang yang melakukan diet keto memang tidak terlalu bernafsu makan. Karena tidak ada karbohidrat, air banyak dikeluarkan dari dalam tubuh. Ini yang membuat berat badan mudah turun saat seseorang menerapkan diet keto.

Pilihan lemak sebagai pengganti karbohidrat juga tidak sembarang dan ada aturannya. Berdasarkan rekomendasi, total lemak yang jadi asupan dalam diet keto harus terdiri dari 80 persen asam lemak tak jenuh ganda, sisanya adalah lemak jenuh.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini Tips Membakar Kalori Setelah Makan Malam

Asam lemah tak jenuh terbagi dua, yakni asam lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fatty Acid/ MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated Fatty Acid/ PUFA). Contoh MUFA  adalah minyak zaitun, kacang tanah, kedelai, dagung unggas, kacang kenari, butter kacang tanah dan alpukat. Sedangkan asam lemak tak jenuh ganda alias PUFA bisa didapat dari ikan laut, minyak ikan dan minyak kedelai.

Sayangnya, apa yang diterapkan di Indonesia belum tentu tepat. Banyak di antara pelaku diet keto keliru memilih lemak, mereka justru lebih banyak menyantap daging-daging berlemak yang termasuk dalam lemak jenuh.

Berdasarkan penelitian, diet keto sebaiknya hanya dilakukan selama tiga hingga enam bulan. Di bawah tiga bulan adalah waktu yang paling ideal. Terlalu lama berdiet keto justru akan membuat asam urat dan kolesterol jahat semakin tinggi. 

Orang obesitas yang sehat boleh melakukan jenis diet ini. Namun bagi mereka yang punya penyakit seperti asam urat atau kolesterol tinggi tidak direkomendasikan menerapkan diet keto karena hanya akan membuat tingkat asam urat dan kolesterol jahat dalam tubuh semakin tinggi.

Samuel juga tidak merekomendasikan diet keto diterapkan oleh para pekerja yang dituntut untuk selalu berpikir. Sebab, butuh karbohidrat untuk membuat sel-sel otak bekerja dengan baik.

(fzh/Antara)

Komentar
  • HOT !
    Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, yang merenggut ratusan nyawa telah menjadi perhatian dunia dalam beberapa hari terakhir. Selain doa untuk korban dan keluarga yang ditinggalkan, donasi pun mengalir dari berbagai kalangan, termasuk penggemar BTS atau ARMY....
  • HOT !
    Korea Selatan akan menghapus persyaratan tes PCR COVID 19 untuk para turis asing. Ini merupakan kebijakan baru mengikuti dengan perkembangan pandemi yang semakin dapat dikontrol dengan adanya vaksin....
  • HOT !
    Majalah ELLE Korea merilis foto cover baru untuk edisi Oktober bersama dengan Mingyu SEVENTEEN dan Nayeon TWICE, dalam balutan busana brand terkemuka Louis Vuitton....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : GaemIcha
Cast : Kim Myungsoo [Infinite]

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)