home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingat, Penonton dan Perekam Aksi Bullying Juga Termasuk Pelaku

Kamis, 20 Juli 2017 11:30 by fzhchyn | 1756 hits
Ingat, Penonton dan Perekam Aksi Bullying Juga Termasuk Pelaku
Image source: ilbe.com

DREAMERS.ID - Belakangan banyak pemberitaan tentang aksi bullying atau perundungan yang terjadi di kalangan pelajar. Pemahaman tentang bullying pun dinilai masih terbatas. Masyarakat umumnya beranggapan jika bullying hanya identik dengan aksi kekerasan yang dilakukan pelaku terhadap korban. Namun ternyata cakupannya bisa lebih luas.

Menurut Psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera Andri, orang yang menonton dan tak melerai, bahkan turut serta dalam merekam aksi bullying pun termasuk jenis bullying. "Ada banyak jenis bullying, tidak hanya fisik, dan verbal tapi juga cyber. Bahkan orang-orang sekitar di mana aksi bullying terjadi pun, sebenarnya juga termasuk bullying," ujarnya, mengutip CNN.

Menanggapi kasus bullying yang terjadi di Thamrin City, Andri menilai orang-orang yang ada di sekitar aksi, yang tidak melakukan apa-apa seolah merestui kekerasan yang sedang terjadi di depan mata. "Mereka mendiamkan, atau bahkan merekam dan menyebarkannya, berarti kan ingin obyek bullying juga ditonton orang lain," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Penyebar Rumor Bebas, Tuduhan Bullying Lia ITZY Akan Diselidiki Ulang

Andri menilai seharusnya orang di sekitar bisa melerai dan bukannya ikut andil dalam aksi bullying. Tidak hanya yang terjadi di Thamrin City, Andri juga menilai persoalan yang serupa juga terjadi di aksi perundungan terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Gunadarma, Depok. 

Kasus bullying, kata Andri seperti efek domino yang berkait dan berentetan. "Contoh, waktu anak Gunadarma itu dibully sama teman sendiri, kemudian tanpa sadar, publik memberi komentar-komentar 'kasar' pada pem-bully, dan itu juga sudah melakukan bully terhadap si pelaku," ujarnya.

Lingkaran ini, kata Andri tidak akan berhenti kalau setiap orang ikut ambil bagian. Yang membagi rekaman video bullying itupun juga sama. "Bagaimanapun, ini berhubungan dengan persoalan empati, ikut merasakan apa yang orang lain rasakan," tegasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...
  • HOT !
    Bagi pecinta Korea, wajib menonton serunya konten yang akan dihadirkan di channel Youtube, The Sunbae Club. Melalui channel ini, ada empat series berbeda dimana para content creator mengeksplorasi persamaan dan perbedaan budaya Korea dengan Indonesia....
  • HOT !
    Fashion selalu menjadi bagian penting dari K pop. Memang banyak idol yang memiliki ciri khas gaya mereka sendiri. Tetapi tren fashion yang terus berubah selalu menginspirasi penampilan segar idol setiap tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)