home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Berpuasa untuk Penderita Penyakit Maag

Sabtu, 03 Juni 2017 12:20 by Dits | 2449 hits
Tips Berpuasa untuk Penderita Penyakit Maag
image source: generalmings.com

DREAMERS.ID - Bulan Ramadhan disambut suka cita oleh seluruh umat muslim, bagi yang kondisi tubuhnya sehat tentunya menjalani puasa selama satu bulan penuh tidak masalah. Akan tetapi bagi penderita penyakit maag kadang merasa khawatir karena maag kerap muncul saat seseorang telat makan.

Lalu bagaimana ya agar puasa lancar sebulan penuh bagi penderita sakit maag?

Dilansir dari Merdeka, Sabtu (3/6) yang mengutip dari buku karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies, ada beberapa tips puasa bagi penderita penyakit maag. 

1. Wajib melaksanakan sahur.
Agar lambung tidak kosong dan siap melakukan aktivitas esok hari, penderita maag wajib makan sahur dan minum obat maag setelah sahur.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

2. Berbuka dengan yang segar.
Saat tiba waktu buka puasa, ada baiknya penderita maag berbuka puasa dengan menyeruput minuman manis dan hangat, mengkonsumsi makanan ringan seperti kurma bisa jadi pilihan yang tepat. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Sebaiknya jangan langsung makan nasi.

3. Makan secukupnya.
Jangan melahap makanan secara berlebihan, baiknya para penderita maag makan secukupnya agar dinding lambung berkontraksi dengan rileks dan menghidari peregangan dinding lambung yang berlebihan.

4. Jangan tidur setelah sahur.
Langsung tidur setelah makan sahur dapat meningkatkan sekresi asam lambung serta gerak peristaltik pankreas. Karena itu proses pencernaan akan berjalan lebih cepat ketika tidur dan membuat penderita maag akan merasa lapar ketika bangun tidur.

5. Minum obat teratur.
Bagi penderita maag sebaiknya selama bulan Ramadhan mengubah jadwal minum obat menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur.

6. Perhatikan makanan yang dikonsumsi.
Agar mencegah penyakit maag tidak semakin parah, ada beberapa jenis makanan yang dihindari oleh penderita maag seperti, kopi, makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan.

Selain itu, hindari minuman beralkohol, cokelat, keju, sampai menu makanan yang mengandung merica. Pastikan makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis dan kacang-kacangan tidak dikonsumsi sebab dapat membuat perut kembung.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Pada saat pandemi seperti ini, mengonsumsi beberapa vitamin dianjurkan agar memperkuat imunitas tubuh, salah satunya yaitu Vitamin D. Namun terlalu banyak asupan Vitamin D juga bisa menimbulkan efek samping yang negatif bagi tubuh kita....
  • HOT !
    Jika kamu perhatikan saat nonton drama korea, makanan ini sering muncul. Jeon merupakan pancakenya Korea yang memiliki variasi yang berbeda beda, atau mirip dengan bakwan versi Indonesia....
  • HOT !
    Tidak hanya gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang dimiliki Dubai, kini Dubai sudah meresemikan sesuatu yang sangkat spektakuler yaitu, kolam selam terdalam di dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)