home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Harus Kurangi Minuman Manis untuk Buka Puasa

Rabu, 31 Mei 2017 16:00 by dodo07 | 2671 hits
Ini Alasan Harus Kurangi Minuman Manis untuk Buka Puasa
Image source: tanah bumbu

DREAMERS.ID - Kalimat ‘berbukalah dengan yang manis’ sepertinya telah menjadi kebiasaan yang berkembang di masyarakat. Tak heran, saat berbuka puasa beragam minuman seperti es teh manis hingga es cendol pun kemudian jadi sasaran sempurna untuk membasahi kerongkongan yang kering.

Namun, meski menikmati minuman berasa manis memang nikmat untuk menu buka puasa, kebiasaan ini tampaknya harus kamu kurangi atau minimal mengganti menunya jadi minuman dari buah-buahan seperti jus buah atau infuse water. Pasalnya, hal ini penting untuk menghindari penggunaan gula yang berlebihan.

Ungkapan itu disampaikan oleh seorang Health and Nutricion Expert dari Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi, seperti dilansir CNN. Meski biasanya momen buka puasa kerap dijadikan saat balas dendam, Ia mengatakan seseorang hanya boleh mengkonsumsi gula kurang lebih 20 gram atau minimal 12 sendok teh dalam sehari. 

Baca juga: 5 Makanan Korea Berbahan Kurma yang Wajib Dicoba

"Seseorang biasanya melakukan metode balas dendam ketika berbuka puasa. Seseorang sebaiknya konsumsi gula tidak boleh lebih dari 20 gram atau minimal 12 sendok teh sehari, es teh manis itu biasanya enam sendok teh per gelas kalau dibayangin misalnya minum tiga es teh manis sehari sudah 18 sendok teh," ujarnya.

Ia juga menambahkan jika minuman yang terbuat dari buah lebih baik sebagai menu buka puasa akan membantu mengurangi konsumsi gula karena sudah mengandung gula alami, serat dan vitamin yang bagus bagi tubuh. Minuman dari buah-buahan yang dapat diminum saat berbuka puasa antara lain jus jeruk, jus stroberi, jus melon serta infuse water dengan campuran kiwi, stroberi, lemon di dalamnya.

Selain minuman manis seperti es teh hingga es cendol, Aldis juga menyarankan agar mengurangi minuman dalam kemasan karena biasanya minuman ini mengandung 7,5 sendok teh gula, “Jika terpaksa berbuka dengan minuman botol lebih baik pilih yang less sugar. Kalau sedang berada di rumah bisa membuat minuman fruit base, buah itu sudah memiliki kandungan gula, serat dan vitamin," tuturnya.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)