home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benda yang Sering Digunakan Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penyebab Alergi

Senin, 15 Mei 2017 16:00 by fzhchyn | 2624 hits
Benda yang Sering Digunakan Sehari-hari Ini Bisa Jadi Penyebab Alergi
Image soure: flickr

DREAMERS.ID - Penyebab seseorang mengalami alergi bermacam-macam. Ada yang alergi terhadap makanan, cuaca, bulu binatang, sampai serbuk sari dari bunga. Tapi selain itu, ada juga benda yang kita temui sehari-hari yang ternyata bisa menjadi penyebab alergi.

Seperti dilansir laman Health, benda-benda yang bukan berasal dari lingkungan atau buatan manusia ini bisa menjadi penyebab alergi bagi tubuh.

1. Gadget

Orang-orang yang alergi pada logam mungkin mengalami kesulitan saat menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet. Seperti yang diketahui, produk elektronik tersebut memang mengandung nikel dan kobalt yang berpotensi untuk menyebabkan alergi. Menurut Kevin McGrath, MD, juru bicara American College of Allergy, Asthma, and Immunology, hal itu bisa menyebabkan ruam pada wajah, telinga, tangan, dan iritasi di bagian mata.

2. Perhiasan

Perhiasan yang terbilang murah umumnya terbuat dari nikel. Nikel itulah yang menjadi penyebab paling umum dari ruam gatal yang dikenal sebagai dermatitis alergi. Menurut Kevin, sekitar 17 persen perempuan dan tiga persen laki-laki memiliki alergi nikel.

Baca juga: Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Alergi Terhadap Skin Care dan Makeup

3. Wol

Bahan pakaian yang terbuat dari wol bisa menyebabkan gatal pada kulit. Beberapa orang yang sensitif terhadap lanolin (zat alami yang dihasilkan domba), akan merasa gatal ketika menggunakan pakaian atau selimut yang terbuat dari wol. Sebenarnya lanolin juga terdapat pada beberapa kosmetik, seperti lip balm atau sampo. Jadi, bagi kita yang sensitif terhadap zat ini, perlu mencari item lain yang bebas dari lanolin.

4. Kancing celana

Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh nikel. Kali ini nikel terletak di bagian celana, tepatnya kancing celana jeans. Ketika kita memakai celana ini logam tersebut akan menyentuh kulit secara langsung. Akibatnya ia bisa menyebabkan ruam merah yang melingkar.

5. Detergen

Beberapa bahan-bahan detergen (terutama pewarna atau pewangi) dapat memicu reaksi alergi pada kita. Detergen ini sebenarnya juga menempel pada pakaian kita. Seperti baju, celana, atau handuk. Oleh karena itu, bagi kita yang memiliki alergi pada detergen, perlu berhati-hati ketika menggunakan bahan ini.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)