home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Smartphone Masa Depan Bakal Punya Baterai Tahan Lama Seperti Ponsel Nokia 3310

Senin, 13 Maret 2017 10:30 by fzhchyn | 2252 hits
Smartphone Masa Depan Bakal Punya Baterai Tahan Lama Seperti Ponsel Nokia 3310
Image source: TechJuice

DREAMERS.ID - Ponsel Nokia 3310 yang meluncur di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 pada akhir Februari lalu di Barcelona memang tampil lebih modern dari versi awal yang rilis tahun 2000 silam. Meski begitu, ponsel ini masih memiliki kemampuan yang sama, khususnya soal baterai yang tahan lama.

Nokia 3310 versi 2017 diklaim memiliki masa hidup baterai yang mampu bertahan selama 22 jam untuk telepon dan mode siaga selama satu bulan. Namun jika bicara soal ponsel pintar, kemampuan tersebut rasanya hanya sebuah mimpi karena umumnya smartphone modern saat ini hanya bertahan selama sehari.

Namun para peneliti mengatakan mereka kini menemukan cara untuk membawa daya tahan baterai 3310 yang tak terkalahkan itu untuk diproduksi massal, seperti dilansir dari laman Express.

Baca juga: Korea Selatan Ciptakan Robot 'Mata Ketiga' Untuk Pecandu Smartphone

Tim peneliti dari University of Texas telah menciptakan baterai yang tiga kali lebih padat dibanding baterai lithium-ion yang digunakan ponsel cerdas masa kini. Ini artinya kebiasaan pengguna yang harus mengisi ulang baterai setiap malam akan berakhir. Karena mereka akan segera mendapatkan baterai yang mampu bertahan hingga satu minggu.

Penelitian yang dipimpin Professor John B. Goodenough, 98 tahun, penemu baterai lithium-ion, menunjukkan bagaimana teknologi itu bekerja. Baterai lithium-ion menggunakan cairan elektrolit untuk mengangkut ion bermuatan antara anoda negatif dan katoda positif, dengan energi yang diciptakan menghasilkan listrik.

Ada hal yang sedikit berbeda dari baterai baru ini. Para peneliti mengandalkan elektrolit kaca yang memungkinkan penggunaan anoda alkali logam tanpa pembentukan dendrites. Meskipun kita tak akan menemukan baterai itu pada iPhone 8, para peneliti menyatakan teknologi baru baterai ini bisa diadopsi smartphone di masa depan.

(fzh/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Soju merupakan minuman alkohol khas Korea. Soju dapat ditemukan di mana mana, hampir di setiap toko, swalayan dan restoran di Korea dengan harga yang sangat terjangkau....
  • HOT !
    Seoul merupakan ibu kota Korea Selatan yang tentunya memiliki banyak tempat untuk dikunjungi. Jika kamu memiliki kesempatan datang ke Seoul, bisa kunjungi 4 tempat yang direkomendasikan oleh SEVENTEEN berikut ini:...
  • HOT !
    Tidak bisa dipungkiri, banyak aspek kehidupan yang dipengaruhi perkembangan budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia. Selain dari segi K pop dan K drama, K Beauty juga menjadi inspirasi sebagian wanita Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)