home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal-hal Kecil Namun Penting dan Perlu Diketahui untuk Miliki Perncernaan yang Sehat

Minggu, 12 Februari 2017 19:13 by fzhchyn | 3180 hits
Hal-hal Kecil Namun Penting dan Perlu Diketahui untuk Miliki Perncernaan yang Sehat
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Pencernaan yang kurang baik bisa menyebabkan berbagai masalah seperti gas, mual, dan sakit perut. Hal tersebut menjadi masalah yang umum saat ini melihat gaya hidup dan kebiasaan makan yang salah. Namun kadang alergi makanan juga bisa menjadi penyebab masalah pencernaan.

Agar terhindar dari masalah pencernaan, ada beberapa hal kecil dan sederhana namun penting untuk diperhatikan, seperti yang dilansir dari laman Bold Sky berikut.

1. Kunyah makanan perlahan
Gas dan mual yang terjadi seringnya disebabkan oleh makanan yang tidak benar saat dicerna. Makanan yang dikunyah dengan benar akan emmudahkan proses pencernaan karena makanan akan hancur dan bercampur dengan air liur.

2. Lihat apakah memiliki alergi makanan
Cek agi apakah tubuhmu memiliki alergi terhadap makanan tertentu yang menyebabkan perut bergas dan mual. Jiak sudah mengetahuinya, lebih mudah untuk menghindarinya. Susu juga bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang yang disebut intolesansi laktosa. Artinya mereka tidak dapat mencerna gula laktosa yang ada dalam susu.

3. Jangan makan cepat
Makan makanan dengan perlahan untuk menghindari gas dalam perut. Jika makan terlalu terburu-buru, mulut juga akan menelan udara yang menyebabkan kembung dan mual.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

4. Makan dalam frekuensi kecil
Jika memiliki masalah gas, makan makanan dalam porsi kecil dan dengan jarak yang berdekatan dbandingkan dengan makan besar tiga kali sehari. Ini akan emmbantu melancarkan pencernaan.

5. Pijat perut
Pijat di bagian perut akan membantu melepas gas. Pijat dalam gerakan memutar sambil ditekan dengan lembut sehingga gas yangetrjebak akan keluar.

6. Teh peppermint
Teh peppermint bisa menenangkan perut karena mengandung menthol. Meminumnya setelah makan akan mencegah perut begah.

7. Hindari minuman soda
Minuman bersoda mengandung gas karbondioksida yang menciptakan gelembung dalam perut sehingga menyebabkan kembung dan gas.

8. Potasium
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium seperti bayam, pisang, kacang-kacangan dapat mencegah perut kembung yang disebabkan cairan berlebih.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Beragam tempat makan yang Instagram able satu per satu bermunculan untuk menarik para pecinta kuliner sekaligus kamu yang hobi berfoto. Salah satunya kafe yang menyuguhkan menu utama donat, Malddong Donut Dessert Town....
  • HOT !
    Tas rancangan V BTS yang diberi nama ‘Mute Boston Bag’ telah menjadi hot item di kalangan fans. Segera setelah pemesanan dibuka pada 11 Januari kemarin, tas ini langsung terjual habis dalam hitungan detik....
  • HOT !
    Kesamaan dalam hal berpakaian sudah lazim terjadi di antara selebriti Korea. Seperti aktor Jang Dong Yoon dan Jaehyun NCT tampil menawan dengan gaya busana kembar dalam kesempatan berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)