home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Berbagai Kondisi Tak Biasa Pada Kulit Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Jumat, 30 Desember 2016 12:00 by fzhchyn | 3315 hits
Hati-hati, Berbagai Kondisi Tak Biasa Pada Kulit Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Jika kondisi kulit memberikan tanda-tanda, mungkin itu lebih dari sekedar dampak udara yang kering. Saat ada sesuatu di dalam tubuh yang tidak berfungsi semestinya, biasanya tanda yang paling segera terlihat adalah pada kulit.

Dilansir dari laman She Knows, berikut adalah beberapa masalah kulit yang bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

1. Bintik hitam
Sebuah bintik hitam bisa menjadi kanker kulit yang menyamar, jadi penting untuk memeriksa lima tanda bahanyanya, seperti bentuk, tepi yang tidak beraturan, warna, diameter, dan perubahan bentuknya.

2. Kulit kering
Menurut Dr Joshua Zeichner, MD., jika seseorang memiliki kulit kering, kemungkinan terjadinya fungsi tiroid yang rendah, yang juga terkait dengan kondisi rambut dan alis yang menipis.

3. Perubahan warna
Permukaan kulit yang terasa tebal, lembut seperti beludru, dan bewarna abu-abu kecoklatan pada kulit, terutama di daerah leher, ketiak, dan pangkal paha bisa menjadi tanda diabetes.

Baca juga: Peneliti Asal Perancis Temukan Benang Operasi yang Terbuat Dari Kulit Manusia

4. Kantung mata dan bengkak
Memiliki mata berkantung atau bengkak bukan hanya terjadi karena kurang tidur. Makanan yang tinggi natrium dan diet garam dapat meningkatkan retensi air ke seluruh tubuh, termasuk area bawah mata. Selain itu, alergi juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Jerawat pada rahang dan dagu
Hal ini mungkin merupakan tanda dari ketidakseimbangan hormon, seperti sindrom polikistik dan bisa disertai dengan pertumbuhan rambut yang berlebihan pada jambang, dagu, dan dada.

6. Kemerahan dan gatal
Pembuluh kapiler yang pecah dan kemerahan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, genetika, konsumsi alkohol, atau cidera. Dan kemerah pada kulit juga bisa menjadi gejala awal rosacea.

7. Kulit pucat dan kuning
Jika ada warna kekuningan pada kulit, terutama pada telapak tangan dan kaki, itu mungkin merupakan tanda hipotirodisme.

8. Benjolan di bawah kulit
Benjolan yang terjadidi bawah kulit bisa menjadi tanda rheumatoid arthritis. Serta kulit menipis atau tembus kulit di punggung tangan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Penampilan para bintang ‘Squid Game’ di red carpet Emmy Awards 2022 beberapa waktu yang lalu menarik perhatian banyak pasang mata, terutama Jung Ho Yeon yang secara khusus mengenakan busana dengan aksen tradisional Korea....
  • HOT !
    Bersiap untuk Dance Cover Competition terbesar di Indonesia tahun ini bersama Digicash Annyeong K Fest 2022 X KpopVaganza! Ada total hadiah puluhan juta rupiah menanti untuk para dance crew terbaik....
  • HOT !
    Apple akhirnya secara resmi meluncurkan iPhone 14 yang telah dinantikan sejak lama oleh pecintanya. Selain rangkaian seri iPhone 14, Apple juga merilis produk baru lainnya yang merupakan versi peningkatan dari produk sebelumnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)