home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Sederhana Ini Bisa Cegah Sakit Leher Akibat Terlalu Lama Main Gadget

Kamis, 22 Desember 2016 12:30 by Dits | 3730 hits
Cara Sederhana Ini Bisa Cegah Sakit Leher Akibat Terlalu Lama Main Gadget
image source: The Real Estate

DREAMERS.ID - Menggunakan gadget khususnya ponsel dan tablet dalam jangka waktu yang terlalu lama tidak hanya membuat mata lelah, namun juga membuat leher menjadi sakit. Hal ini dikarenakan posisi kepala yang membungkuk sehingga otot leher tertarik dan membuat pegal.

Sakit leher yang disebabkan karena penggunaan gadget ini sering disebut sebagai “tech neck” ini sudah menjadi masalah yang kerap dialami di era digital seperti saat ini. Dan jika sudah sangat berlebihan, biasanya sakit leher merambat ke ke pundak, sakit kepala, bahkan mati rasa pada tangan.

Nah untuk menghindari itu, Dr. Stefano Sinicropi, seorang ahli bedah tulang bersertifikat memberikan tips, seperti yang dilansir laman Fox News berikut.

1. Perhatikan sikap tubuh

Posisi kepala menunduk untuk melihat gadget jika dilakukan secara berulang-ulang dan sering dapat menyebabkan ketegangan otot bahkan cedera. Kita harus sadar betul bahwa posisi tubuh seperti itu sangat salah dan berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Beri batasan waktu

Batasi jumlah waktu dan frekuensi yang dihabiskan untuk menggunakan gadget. Biasakan untuk mengambil istirahat selama tiga menit setiap menggunakan gadget selama 15-20 menit. Gunakan waktu tiga menit ini untuk mengubah posisi tubuh atau sekedar berjalan di sekitar.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

3. Pasang pengingat otomatis

Biasanya, saat sudah memegang sebuah gadget kita suka lupa diri dan keasyikan sampai lupa waktu. Untuk itu, pasang reminder atau alarm pada gadget yang digunakan sehingga kita bisa berhenti dan mengambil sedikit waktu untuk meregangkan otot.

4. Gunakan tablet holder

Tak ada ruginya mengeluarkan sedikit uang untuk membeli holder atau penyangga untuk tablet yang kamu gunakan. Holder ini justru bisa mengurangi jumlah fleksi leher dan posisi badan yang condong ke depan. Selain itu, holder juga bisa menjaga jarak mata dengan gadget.

5. Mengambil tindakan

Gunakan rasa sakit sebagai tindakan. Jika mengalami rasa sakit di leher, nyeri antara tulang belikat, sering sakit kepala, atau mati rasa dan kesemutan di tangan, bisa jadi masalahnya sudah serius. Jika dengan mengurangi frekuensi, ras sakit tersebut masih sering terasa berarti sudah saatnya kamu melakukan pemeriksaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)