home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berdiri Hingga Tengkurap, Begini Posisi Tubuh yang Aman Saat Menggunakan Gadget

Selasa, 20 Desember 2016 11:15 by fzhchyn | 3229 hits
Berdiri Hingga Tengkurap, Begini Posisi Tubuh yang Aman Saat Menggunakan Gadget
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun-tahun.

Dalam penelitian teakhir yang dilakukan, para ilmuwan menemukan bahwa terus melihat ke bawah untuk menatap gadget setara dengan menempatkan beban seberat  60 pon (sekitar 27 kilogram) pada tulang belakang.

Berdasarkan gambar yang dirilis laman Health, berikut adalah beberapa posisi menggunakan gadget yang salah dan bagaimana posisi yang seharusnya dilakukan demi kesehatan.

1. Berdiri

Saat melihat ponsel dengan keadaan berdiri, jangan tempatkan ponsel sejajar dengan perut sehingga kita akan cenderung lebih membungkukkan kepala dan leher. Sebaiknya, posisi ponsel berada di depan dada.

2. Duduk

Jangan memangku laptop dengan cara memangkunya di paha, karena hal ini juga memungkinkan leher akan menekuk. Sebaiknya, duduk di kursi dengan posisi yang nyaman dan letakkan laptop di meja.

3. Posisi bersantai

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Saat di tempat tidur, penggunaan gadget sejenis tablet sebaiknya tidak disandarkan ke paha sementara tubuh bersandar di bantalan karenan membuat kepala menunduk. Posisi yang lebih baik adalah berbaring miring.

4. Di treadmill

Jangan melihat televisi yang terpasang terlalu tinggi di atas treadmill karena akan membuat kepala mendongak dan peregangan di leher. Jadi sebaiknya pilih treadmill yang sudah terinstall televisi di depan.

5. Bersantai di sofa

Saat menggunakan tablet di sofa, posisi tengkurap dan menaruh gadget di lantai biasanya menjadi posisi favorit tapi ternyata hal ini tidak baik. Sebaiknya kita berbaring dan mengangkat gadget.

6. Bertumpu di siku

Menggunakan ponsel sambil tengkurap dan bertumpu di siku juga sebaiknya dihindari. Lagi-lagi, posisi berbaring dengan tubuh miring itu lebih baik.

(fzh/Image: Health.com)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)