home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Mengantuk Meski Tidur Cukup? Jangan-jangan Kamu Mengalami Hal Ini

Senin, 26 September 2016 16:15 by fzhchyn | 2470 hits
Sering Mengantuk Meski Tidur Cukup? Jangan-jangan Kamu Mengalami Hal Ini
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Untuk mengatasi rasa kantuk, satu-satunya yang paling ampuh adalah dengan tidur. Namun ada sebagian orang yang memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang cukup namun tetap merasa mengantuk setiap saat.

Padahal, saat tubuh merasa lelah dan ngantuk bisa membuat aktivitas terganggu. Nah jika kamu kerap merasa mengantuk meski sudah cukup tidur, mungkin beberapa hal yang dikutip dari berbagai sumber ini adalah penyebabnya.

1. Terlalu banyak minum kopi
Kopi mengandung zat kafein yang bisa membuat tubuhmu terjaga. Namun, terlalu banyak kafein juga bisa membuatmu cepat lelah. Sebab hormon adrenal dipacu untuk bekerja dengan keras sehingga kamu tidak memberikan tubuhmu waktu untuk beristirahat dengan memadai.

2. Ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon merupakan gangguan kesehatan yang sulit untuk didiagnosis sejak awal. Namun, kelelahan mampu menjadi tanda awal dari ketidakseimbangan hormon dalam tubuhmu.

3. Stres
Stres yang bersumber dari pikiran juga bisa membuatmu merasa lelah luar biasa. Nah, ketika kamu merasa begitu lelah, cobalah untuk mengambil napas meski hanya sejenak demi meredakan ketegangan.

Baca juga: Minum Kopi dan Hal Lainnya yang Pantang Dilakukan Saat Kurang Tidur

4. Asupan nutrisi tidak mencukupi
Para ahli kesehatan percaya bahwa saat tubuh tidak cukup asupan nutrisi yang memadai, maka tubuh akan lebih mudah untuk merasa lelah. Untuk itu pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi kompleks seperti lemak, protein, karbohidrat, maupun serat yang bermanfaat untuk memberikan menutrisi sel tubuh agar kamu jadi tak mudah lelah dan mengantuk.

5. Dehidrasi
Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang mencukupi, mudah ngantuk adalah menjadi gejala awalnya. Penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa tubuh perlu banyak air untuk selalu berenergi dan mudah fokus.

6. Jarang berolahraga
Ada begitu banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapat dengan berolahraga. Salah satunya adalah tubuh menjadi tidak mudah merasa kantuk. Sebab, saat rajin berolahraga, maka kerja sistem metabolisme tubuhmu akan terpacu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)