home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Terlalu Lama Duduk

Senin, 05 September 2016 10:15 by fzhchyn | 29856 hits
Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Terlalu Lama Duduk
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Namun bagi sebagian besar orang, hal itu mungkin sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan setiap hari.

Tak hanya membuat leher dan punggung sakit, terlalu lama duduk di kursi juga ternyata bisa benar-benar menyiksa tubuh. Dilansir dari laman Women’s Health, berikut adalah beberapa penyakit yang bisa timbul akibat terlalu lama duduk.

1. Sulit tidur

Saat kita duduk selama berjam-jam, gravitasi dan sirkulasi yang kurang baik dapat menyebabkan cairan terbentuk di kaki bagian bawah. Kaki yang terlihat gemuk bukan dampak terburuk. Ketika kemudian tubuh berbaring untuk tidur, cairan tersebut berpindah ke otot-otot dan jaringan pada leher.

Hal itu bisa membuat tenggorokan bengkak, kata Douglas Bradley, M.D., direktur The Centre for Sleep Medicine dan Circadian Biology di University of Toronto. Bisa jadi kamu akan merasakan kesulitan menghirup udara dan bahkan mungkin berhenti bernapas beberapa saat sepanjang malam. Inilah yang disebut sleep apnea, yang bisa membuat penderita merasa seperti zombie keesokan harinya. Tak ada gairah dan energi.

2. Penumpukan lemak dan Stroke

Sebuah penelitian terhadap kultur sel menemukan bahwa ketika duduk dalam waktu yang lama, berat tubuh yang dibebankan pada sel lemak sebenarnya mendorong sel tersebut untuk membentuk dua kali lebih banyak lemak dan dalam tingkat yang lebih cepat jika dibanding berdiri.

“Ketika kita duduk atau berbaring pada sel-sel lemak, mereka memproduksi lebih banyak trigliserida, tipe lemak yang dapat meningkatkan risiko stroke,” kata penulis peneliti, Amit Gefen, Ph.D., seorang biomedical engineer di Tel Aviv University, Israel.

3. Diabetes

Setiap kali kita menyantap makanan, gula darah juga naik tinggi. “Anda pun mengalami empat jam aktivitas penyimpanan kalori dalam tubuh,” jelas James. Penelitian baru-baru ini menunjukkan, terlalu lama bermalas-malasan bisa membuat proses yang sebenarnya normal ini menjadi berbahaya.

Ketika orang yang sehat mengurangi setengah jumlah langkah yang mereka lakukan per hari, gula darah naik cepat setiap setelah makan. Tak peduli apa yang dimakan. Kenaikan tinggi gula darah setelah makan berhubungan dengan meningkatnya risiko diabetes tipe 2.

4. Mudah lupa

Semakin lama duduk, kita akan semakin terperosok ke dalam keadaan yang disebut ‘senior moments’. Pusat memori memang menurun seiring pertambahan usia, namun efek samping dari gaya hidup seperti ini dapat mendorong proses tersebut menjadi lebih cepat. Sebaliknya, aktivitas fisik dapat meningkatkan ukuran pusat memori.

5. Masalah paru-paru

Aktivitas yang sangat sederhana, seperti bernapas, dapat memburuk karena terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Wanita dengan gaya hidup ini punya risiko dua kali lebih besar membentuk pulmonary embolism, atau dikenal dengan penggumpalan darah pada paru-paru.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Doja Cat berhasil menarik perhatian dengan gaya serba merah saat menghadiri show Schiaparelli di Paris Fashion Week....
  • HOT !
    Ahn Yujin IVE secara resmi ditunjuk sebagai brand ambassador dari FENDI. Merek mewah asal Italia tersebut sebelumnya sudah sering bekerja sama dengan Yujin....
  • HOT !
    UNIVERSE yang menjadi platform komunikasi penggemar dengan idola K Pop akan berhenti beroperasi pada 17 Februari. Seluruh artis dan penggemar yang terdaftar akan dipindahkan ke DearU Bubble....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eloisa98
Cast : cast : Eunhyuk as himself, Victoria as you. Main Cast : Gwang Sun as Eunhyuk's younger cousin,

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)