home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kopi Panas vs Kopi Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

Jumat, 26 Agustus 2016 11:00 by fzhchyn | 2317 hits
Kopi Panas vs Kopi Dingin, Mana yang Lebih Sehat?
Image source: foodbeast.c

DREAMERS.ID - Berbicara mengenai kopi, masing-masing orang memiliki selera tersendiri dalam mengkonsumsinya. Ada yang lebih suka kopi panas, ada juga yang lebih suka kopi dingin. Tapi tak jarang pula yang menyukai keduanya.

Tapi dalam masalah manfaat kesehatan, mana di antara kopi panas dan kopi dingin yang lebih meyehatkan? Melansir laman CNN, ternyata ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kopi dingin dinilai lebih sehat diabandingkan kopi panas.

Kopi yang dibuat dingin diklaim tak memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dibanding kopi panas. Kandungan asam pada kopi dingin dua pertiga lebih rendah dibanding kopi panas biasa. Penyebabnya, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam pekat dari kopinya.

Yang bahaya adalah jika kopi panas dinikmati oleh penderita maag atau lambung yang lemah. American Heartburn Alliance melaporkan bahwa 75 persen penderita mag merasa tak nyaman dengan minum kopi panas. 

Keluhan serangan mag yang datang dan rasa mulas yang terjadi setelah menikmati secangkir kopi memang biasa dialami. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan asam dalam lambung. Namun hal ini juga dikaitkan dengan adanya penyakit asam lambung dan kanker kerongkongan.

Baca juga: Tips Aman Minum Kopi Saat Menjalani Puasa

"Orang yang memiliki masalah lambung cenderung tertarik untuk menikmati kopi dingin," kata Patrick Mclnerney, co-founder kedai kopi Due South Coffee Roasters dan ahli pembuat kopi dingin.

Kopi dingin, selain dinilai lebih aman untuk perut, juga aman untuk penampilan. Seperti diketahui, kopi berpotensi membuat gigi jadi menguning. Namun, kopi dingin diklaim aman dan tak membuat gigi jadi kuning, sekalipun dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Tenang saja, kopi dingin yang diminum tak akan mengubah cita rasanya. "Justru kopi dingin akan memperdalam cita rasa kopi. Ada rasa enzimatik yang akan keluar mirip seperti cokelat."

Satu lagi, jangan juga beranggapan kalau kopi dingin tak akan ampuh membangkitkan semangat seperti halnya kopi panas. Kebalikannya, kopi dingin ternyata lebih banyak mengandung kafein dibanding kopi panas.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)