home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Caranya Makan di Restoran Korea Layaknya Penduduk Lokal

Selasa, 16 Agustus 2016 23:00 by octafs | 3305 hits
Begini Caranya Makan di Restoran Korea Layaknya Penduduk Lokal
Image source: buzzfeed.co

DREAMERS.ID - Jika kamu berkesempatan pergi ke Korea atau baru saja pindah dan tinggal di negara tersebut, pastinya kamu ingin mengunjungi rumah makan asli dari negara itu kan? Tetapi, kamu pasti masih sedikit bingung dengan cara makan di restoran Korea. Bahkan untuk meminta cek pun kamu bisa ditertawakan oleh pelayan.

Saat kamu datang ke restoran Korea, pastikan kamu tidak terlihat bingung dengan mengikuti tips berikut ini. Tapi ingat, tips ini hanya berlaku jika kamu masuk ke restoran khas Korea bukanlah restoran western yang ada di Korea apalagi restoran mahal berbintang. Yuk, simak tipsnya.

  • Duduk dimana pun yang Kamu Suka

Masuklah ke dalam restoran khas Korea dan carilah tempat duduk. Di beberapa restoran Korea, bila tempat itu tidak ramai maka tidak akan ada pelayan yang mempersilahkan kamu untuk duduk. Oleh karena itu, segeralah cari tempat duduk yang kosong dan segera tempati.

  • Dapatkan Perhatian Pelayan – Tekan Tombol, atau Benar-benar Dapatkan Perhatian Mereka

Saat kamu sudah duduk di meja yang telah kamu dapatkan tadi kamu hanya menunggu pelayan datang? Mengangkat tanganmu berharap mereka melihat? Sayangnya, saat makan di restoran Korea itu semua tidak akan membuahkan hasil.

Pertama, kalian harus melihat di meja apakah ada tombol atau tidak. Bila ada, kalian bisa menekan tombol tersebut dan pelayan akan segera datang. Bila tidak ada, untuk menarik perhatian pelayan gunakanlah cara layaknya penduduk lokal. Katakan jeogiyo dengan tegas dan percaya diri. Jangan memikirkan itu tidak sopan, selama kamu tidak berteriak mereka akan menerimanya.

  • Carilah Peralatan Makan kemudian Letakkan di atas Serbet

Di restoran Korea pada umumnya peralatan makan diletakan di dalam laci meja. Setelah menemukan letaknya segera pindahkan peralatan makan tersebut ke atas meja. Namun sebelumnya berikan alas serbet sebelum menaruh sendok dan sumpit di atas meja.

Baca juga: Yuk Simak Tips Menikmati Hutan Kota Seoul yang Asri nan Indah

Sebagian besar restoran Korea melakukan itu untuk memastikan segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut dalam keadaan bersih. Hal ini bukan berarti restoran tersebut tidak bersih tetapi itu hanyalah demi kenyamanan dan standar kebersihan.

  • Berbagi Makanan

Jika kamu makan di restoran Korea, bersiaplah untuk berbagi makanan. Budaya Korea sangat menekankan pada kegiatan berbagi dan itu berarti kamu akan melihat banyak sendok di dalam satu mangkok yang sama. Namun, jika kamu merasa kurang nyaman kamu bisa mengatakannya dan mengambil bagianmu lebih awal.

  • Minum Air Saat Selesai Makan

Bagi penduduk lokal, air disebuah restoran biasanya digunakan untuk mengelap kimchi yang jatuh di bajumu. Bagi orang Korea, mereka akan minum hanya jika sudah benar-benar selesai makan. Jika kamu ingin makan sama dengan penduduk lokal maka lakukanlah. Orang Korea memiliki kepercayaan bila terlalu banyak meminum air akan buruk bagi pencernaan dan orang-orang Korea hanya meminum satu hingga dua gelas air setelah makan.

  • Carilah Bill-mu dan Bayar di Kasir

Bila kamu menanyakan tagihan pesananmu kepada kasir di restoran Korea mungkin kamu akan ditertawakan atau bahkan dipersilahkan keluar. Di beberapa restoran Korea biasanya tagihan itu sudah ada di meja kita. Mereka hanya menandai apa yang kamu pesan dan meninggalkannya di meja. Saat membayar kamu tinggal membawa tagihan itu dan membawanya ke kasir lalu membayarnya.

Bagaimana Dreamers, sudah siap makan di restoran Korea ala penduduk lokal?

(oct)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)