home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Situs Diblokir, Indonesia Jadi Pengguna VPN Tertinggi

Kamis, 31 Maret 2016 15:52 by fzhchyn | 2520 hits
Banyak Situs Diblokir, Indonesia Jadi Pengguna VPN Tertinggi
Image source: techglen.co

DREAMERS.ID - Kata VPN mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang doyan menembus akses situs-situs yang sudah diblokir pemerintah setempat atau tidak tersedia di negara tertentu. Dengan VPN, pengguna seperti tidak memiliki batasan untuk mengakses sebuah situs atau layanan.

Virtual Private Network (VPN) sendiri merupakan sebuah tool atau alat yang memungkinkan pengguna membuat koneksi private dengan data yang dienskripsi. Tool ini sering dipakai untuk membuat alamat IP baru atau browsing internet secara anonim, sehingga bisa dipakai untuk menembus blokir internet di suatu negara, melansir laman Kompas.

Berdasarkan survei yang dibuat oleh Global Web Index tentang penggunaan VPN tersebut, ternyata Indonesia menempati urutan pertama dan menjadi pengguna VPN terbesar, yaitu mencapai 41%. Diketahui juga bahwa dua dari lima pengguna Internet di Indonesia menggunakan alat tersebut.



Image source: Wired.co.uk

Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat (16%), Vietnam (35%), Malaysia (32%), Brasil (36%), dan Cina (29%).

Baca juga: Ramai Imbauan Tak Pakai VPN Saat Transaksi Internet Banking, Begini Penjelasannya

Dalam survei tersebut diungkapkan situs-situs yang menyediakan konten video hiburan, seperti iTunes, Netflix, YouTube, dan Vimeo merupakan salah satu penyebab netizen Indonesia menggunakan VPN.

"Orang menganggap VPN adalah tool yang tidak banyak dipakai, namun kenyataannya banyak pemakainya," kata Jason Mander, Head of Trends di firma Global Web index. "Di negara seperti Cina, Indonesia, dan Thailand, orang-orang memakai VPN untuk mengakali blokir pemerintah," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menerapkan 'TRUST Positif' untuk melindungi pengaruh negatif internet bagi pengguna di Indonesia dalam setiap melakukan pemblokiran. Vimeo merupakan salah satu situs yang hingga saat ini tidak bisa diakses di Indonesia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Elon Musk telah membeli Twitter senilai 44 juta dollar AS atau Rp 640 miliar. Bos Tesla ini menyebut pemblokiran Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Twitter merupakan keputusan yang buruk dan bodoh....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tentunya ada sedikit perubahan jam makan dan juga konsumsi air putih yang biasanya berdampak pada kelembapkan kulit karena kurangnya cairan dalam tubuh....
  • HOT !
    Yujin IVE dipastikan tampil dalam kampanye global Versace Spring/Summer 2022! Konten promosinya akan didistribusikan di wilayah Asia Pasifik termasuk di Korea, Cina, Jepang, Thailand, Australia, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)