home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masalah pada Bibir Ini Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan Tubuh yang Kurang Baik

Selasa, 22 Maret 2016 18:00 by fzhchyn | 2288 hits
Masalah pada Bibir Ini Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatan Tubuh yang Kurang Baik
Image source: healthydiet

DREAMERS.ID - Untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, sebenarnya kita tidak perlu menunggu merasa sakit terlebih dahulu atau melakukan pemeriksaan ke dokter. Melalui bagian-bagian tubuh, kita bisa mengetahui kalau tubuh sedang kondisi yang kurang baik atau bermasalah.

Mata dan lidah merupakan bagian tubuh paling umum yang bisa memberikan sinyal kalau tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik. Karena itulah saat dokter memeriksa, mereka akan melihat mata atau lidah terlebih dahulu.

Selain mata atau lidah, ternyata bibir juga bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh. seperti dlansir dari laman Prevention, berikut adalah beberapa hal yang ‘dikatakan’ oleh bibir terkait kesehatan tubuh.

1. Bibir bengkak

Menururut Keith Arbeitman, DDS dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan, bibir yang bengkak bisa menjadi tanda reaksi alergi. Awalnya bibir akan terlihat lebih besar dari ukuran normal lalu mulai terasa gatal. Jadi perhatikan apakah bengkak ini terjadi setelah kamu memakai lipstik baru atau makan makanan tertentu.

2. Bibir kering

Sekeras apapun usaha yang dilakukan untuk makan makanan sehat, kita masih sangat mudah untuk kehilangan beberapa nutrisi penting. Dan terkadang, efeknya bisa terlihat pada kondisi bibir, kata Diane Madfes, MD, seorang dermatolog bersertifikat dan merupakan anggota American Academy of Dermatology.

Baca juga: Ini Alasan Munculnya Bercak Gelap Pada Bibir dan Cara Mengatasinya

Nah jika bibirmu terasa kering disertai dengan pecah-pecah di sudut mulut, bisa jadi tubuh kekurangan zat besi, zat seng, vitamin B3, atau vitamin B6. Selain itu, bibir yang kering juga bisa menjadi tanda awal kalau tubuhmu kekurangan cairan alias dehidrasi.

3. Bibir pecah-pecah

Mulut yang berliur memang sangat wajar, tapi jika liur tak terkendali atau terus menetes (terutama saat tidur) bisa menjadi alasan lain dari timbulnya pecah-pecah di sudut mulut, atau biasa disebut ‘angular cheilitis’. Saat air liur terkumpul di sudut mulut saat tidur, itu bisa menyebabkan infeksi jamur yang memicu pecah-pecah di bibir.

4. Herpes

Luka seperti lepuhan yang terjadi di sekitar bibir atau yang dikenal sebagai cold sores atau herpes bisa terjadi karena stres, kelelahan, atau terlalu banyak pekerjaan. Timbulnya cold sores juga bisa menjadi tanda kalau sistem kekebalan tubuh sedang terganggu.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Program realiti Wooga Squad, IN THE SOOP: Friendcation membawa penonton untuk ikut berlibur bersama ke tempat tempat 'healing' yang mereka datangi. Salah satunya adalah restoran yang menjual makguksu....
  • HOT !
    Konten tentang destinasi wisata atau traveling menjadi salah satu konten yang banyak ditemukan di TikTok. Banyak kreator dan komunitas TikTok yang membagikan rekomendasi kuliner, tempat wisata hingga hidden gem di TikTok....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : pawpetclinic
Cast : vaksin anjing mulyosari

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)